close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Buat Appointment
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

Waspada Gejala Demam Berdarah

Apakah Demam Berdarah Dengue (DBD)?

Demam Berdarah Dengue merupakan demam Dengue (DD) dengan kadar yang lebih berat karena pasien dapat mengalami syok dan perdarahan. Demam Dengue jarang sekali mengakibatkan kematian, sedangkan demam berdarah Dengue dapat berakibat fatal jika terlambat ditangani.

Bagaimana membedakannya dengan demam biasa?

Secara kasat mata, DBD dan demam biasa tidak dapat dibedakan. Diperlukan pengecekan secara klinis dan laboratorium untuk mengetahuinya secara pasti. Apabila seseorang mengalami demam tinggi dalam waktu 2x24 jam, dan panas tubuhnya tidak turun walaupun diobati, maka orang tersebut harus mendapatkan pertolongan secara medis.

Panas tubuh pasien DBD selalu berada di atas normal (minimal 38,5°C), walaupun panas tersebut naik-turun, misalnya 40°C turun ke 38,5°C lalu naik kembali ke 39°C, dan seterusnya.

Apakah pasien DBD harus selalu dirawat di rumah sakit?

Perawatan yang dibutuhkan oleh pasien DBD terutama adalah masuknya cairan sebagai pengganti cairan tubuh yang bocor keluar dari pembuluh darah, yang dirusak oleh virus Dengue. Sakit yang diderita pasien seringkali mempersulit proses makan dan minum yang sangat dibutuhkan untuk pemulihan kondisi tubuh. Pasien dianjurkan dirawat di rumah sakit karena cairan makanan yang dibutuhkan dapat diberikan melalui infus, sehingga perawatan dan pengobatan dapat teratur dan terpantau dengan lebih baik. Selain itu, perawatan di rumah sakit juga sangat memudahkan pengecekan darah pasien, yang harus dilakukan setiap hari di laboratorium.

Indikator pasien harus dirawat di rumah sakit adalah jika trombosit berada di bawah angka 100.000, karena semakin rendah trombosit, berarti semakin banyak cairan yang hilang dari tubuh pasien.

Apa saja gejala DBD?

Gejala DBD secara umum sama dengan gejala penyakit akibat virus lainnya, yaitu:

  • Demam tinggi di atas 38,5°C
  • Sakit kepala
  • Pegal linu
  • Nyeri ulu hati, mual, muntah
  • Turunnya leukosit dan trombosit

Kapankah kondisi pasien DBD dikatakan kritis?

Perjalanan penyakit DBD selama 7 hari, dimana masa kritisnya berada pada hari ke-3, ke-4, dan ke-5. Jika terjadi komplikasi penyakit lain seperti tifus, dan lain-lain, maka masa pemulihan akan menjadi lebih lama.

Mengapa DBD dapat menyebabkan kematian?

Yang sangat penting bagi pasien adalah menjaga agar tubuh tidak kekurangan cairan, mengingat mekanisme penyakit DBD adalah rusaknya pembuluh darah oleh virus yang mengakibatkan tubuh kehilangan cairan secara cepat sehingga menyebabkan syok. Ciri-ciri penyakit DBD adalah: keluarnya keringat dingin, tekanan darah menurun, denyut nadi semakin cepat, hingga berujung kepada kematian.

Apakah DBD dapat menular selain melalui nyamuk?

Virus DBD hanya dapat berkembang biak di dalam tubuh nyamuk Aedes Aegypti. Walaupun berada di dalam darah, virus tersebut tidak dapat ditularkan melalui medium lain, termasuk antar-manusia.

Apa saja tips mencegah DBD?

Prinsip utama mencegah DBD adalah jangan sampai tubuh digigit oleh nyamuk. Berbeda dari nyamuk malaria yang aktif di malam hari, nyamuk Aedes Aegypti aktif mulai jam 7-8 pagi hingga jam 5 sore.

Gunakan kelambu atau kawat penahan nyamuk untuk menghindari masuknya nyamuk ke dalam rumah. Kemudian, berantas nyamuk dewasa dengan fogging (pengasapan dengan obat khusus), serta membasmi jentik nyamuk dengan memperhatikan tempat dimana nyamuk dapat berkembang biak, seperti vas bunga, kolam dan wadah yang dapat menampung air. Jika gejala DBD terlihat, segera bawa pasien ke rumah sakit untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter dan mendapatkan pertolongan segera.

Informasi Terkait

Child Development Center Eka Hospital Pekanbaru

Di Hari Peringatan Diabetes Nasional, Eka Hospital Menyuarakan Kampanye Melawan Obesitas

Minum Kopi Bagus ga sih, Dok?

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

  • Aplikasi & Web SehatQ
    Buat janji melalui

    Aplikasi & Web SehatQ

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

logo