close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Buat Appointment
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

Peran Dokter Spesialis Penyakit Dalam Atau Internis

Dokter spesialis penyakit dalam (internis) menangani berbagai gangguan yang muncul pada organ dalam tubuh. Namun, pekerjaan internis tidak hanya sebatas itu saja. Dokter spesialis ini juga bisa membantu mencegah dan mengobati gangguan pada kulit hingga infeksi telinga.

dokter spesialis penyakit dalam

Dokter spesialis penyakit dalam hanya menangani pasien dewasa. Untuk menjadi internis, seorang dokter pun harus menempuh pendidikan sebagai dokter umum. Setelah itu, dokter spesialis penyakit dalam pun bisa menekuni subspesialis yang lebih fokus pada bidang yang lebih khusus lagi.

Apa yang Dilakukan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam?

Sejumlah pendapat menyebut bahwa internis mirip dengan dokter umum. Pasalnya, ada sebagian dokter spesialis penyakit dalam umum yang bisa membantu pasien mendiagnosis berbagai penyakit. Namun, para internis mampu menangani hal yang lebih spesifik.

Dokter spesialis penyakit dalam bisa membantu pasien yang memiliki gangguan pada organ penting di dalam tubuh. Sebut saja jantung, ginjal, hati, dan paru-paru. Di samping itu, internis juga bisa berhubungan dengan sistem imunitas, tekanan darah, hingga metabolisme tubuh.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Alasan inilah yang membuat para internis membutuhkan lebih banyak pengetahuan dalam bidang kedokteran. Para internis pun perlu memperbarui cara pendekatan mereka pada sebuah gejala penyakit. Hal ini dilakukan supaya bisa melakukan langkah penyembuhan yang optimal dari sebuah gejala yang cenderung muncul pada masalah organ dalam.

Sejumlah internis biasanya bekerja di rumah sakit untuk menangani pasien secara langsung. Namun, banyak juga dari mereka yang memilih untuk menghabiskan waktu pada fasilitas rehabilitasi atau care center di sebuah rumah sakit. Tidak sedikit juga profesi internis memilih jalan untuk melakukan lebih banyak riset pada sebuah penyakit.

Subspesialisasi Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Internis memiliki beragam subspesialisasi di dalamnya. Setiap subspesialisasi menangani bagian penyakit yang sesuai dengan bidang keilmuannya. Berikut macam-macam subspesialisasi internis:

1. Ginjal dan hipertensi (Sp.PD-KGH)
Subspesialis ini menangani konsultasi terkait dengan masalah ginjal, tekanan darah tinggi, dan ketidakseimbangan cairan tubuh. Penyakit yang ditangani adalah gagal ginjal, diabetik, hipertensi, nefropati, infeksi saluran kemih, dan batu ginjal.

2. Gastroenterologi dan hepatologi (Sp.PD-KGEH)
Internis ini menangani sistem pencernaan dan organ-organ yang terkait di dalamnya. Dokter spesialis ini juga menangani penyakit yang terkait dengan hati, lambung, usus, dan pankreas.

3. Alergi dan imunologi (Sp.PD-KAI)
Ada juga internis yang menangani pasien yang mengalami gangguan alergi dan sistem imunitas tubuh. Mereka juga menangani masalah asma, rhinitis, angioedema, dan masalah alergi pada paru.

4. Hematologi dan onkologi medik (Sp.KD-KHOM)
Subspesialis internis ini menangani masalah yang berhubungan dengan darah dan limpa. Penyakit yang ditangani adalah anemia, hemofilia, kelainan sumsum tulang, dan berbagai jenis kanker.

5. Kardiovaskular (Sp.PD-KKV)
Subspesialis kardiovaskular menangani masalah pada pembuluh darah dan jantung. Mereka pun akan membantu mendiagnosis gangguan irama jantung, masalah katup jantung, kelainan pembuluh darah, tumor jantung, dan hipertensi.

6. Geriatri (Sp.PD-KGer)
Dokter geriatri menangani pasien lanjut usia yang memiliki beragam masalah dalam kesehatan. Sebut saja masalah malnutrisi, sindrom geriatri, demensia, infeksi saluran kemih, dan osteoporosis.

7. Pulmonologi (Sp.PD-KP)
Internis ini menangani pasien dengan gangguan sistem pernapasan. Sebut saja penyakit tuberkulosis, pneumonia, bronkitis, emfisema, gagal napas, dan kanker paru.

8. Reumatologi (Sp.PD-KR)
Dokter spesialis ini menangani masalah yang terkait dengan sendi, otot, tenton, dan tulang. Mereka bisa bekerja sangat dekat dengan para atlet sekaligus lansia yang sering mengalami masalah pada organ-organ tersebut.

9. Endokrin-metabolik-diabetes (Sp.PD-KEMD)
Internis ini menangani masalah yang terkait dengan metabolisme tubuh, endokrin, dan sejumlah gangguan hormon. Penyakit yang ditangani adalah diabetes, gangguan tiroid, hiperkalsemia, hingga obesitas.

10. Psikosomatik (Sp.PD-KPsi)
Ada juga subspesialis internis yang menangani gangguan kecemasan pada pasien. Hal ini bisa terkait dengan serangan panik, gangguan tidur, sindrom kelelahan, disfungsi efeksi, serta masalah nyeri tubuh akibat gangguan psikologis yang dialami.

11. Penyakit tropik dan infeksi (Sp.PD-KPTI)
Penyakit yang ditangani oleh internis ini berkaitan dengan infeksi bakteri, virus, parasit, dan jamur. Sejumlah penyakit yang disebabkan oleh infeksi adalah rubella, rabies, demam berdarah dengue, malaria, demam tifoid, antraks, gastroenteritis, dan juga COVDI-19.

Kapan Waktu yang Tepat Mengunjungi Dokter Spesialis Penyakit Dalam?

Anda bisa datang ke internis setelah mendapatkan rujukan dari dokter umum. Hal ini tentunya didasari oleh gejala yang muncul dan dirasakan. Rujukan ke dokter spesialis penyakit dalam dimaksudkan untuk penanganan yang lebih lanjut lagi.

Namun, Anda juga perlu mengetahui seberapa parah gejala yang muncul. Jika gejala yang muncul sudah mulai mengganggu aktivitas, segeralah periksakan diri ke para internis. Penanganan internis biasanya akan lebih panjang dan mendalam.

Mereka pun akan bekerja sama dengan dokter spesialis lain untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Bukan hanya tentang fisik, para internis juga akan memeriksa masalah kesehatan mental yang diderita.

DIVINE Eka Hospital

Eka Hospital juga memiliki pusat layanan untuk mengatasi sejumlah penyakit dalam. Pusat layanan DIVINE melayani berbagai gangguan pencernaan, seperti radang lambung, GERD, radang usus, hingga batu saluran empedu. Selain itu, pusat layanan ini juga melayani pengangkatan tumor kecil tanpa operasi.
Berikut dokter spesialis yang bisa dijumpai di DIVINE Eka Hospital:

  1. Prof. Dr. Dr. Murdani Abdullah, Sp.PD, KGEH, FINASIM, FACG, FASGE
  2. Dr. dr. Nella Suhuyanly, Sp. PD-KGEH
  3. Dr. Indra Marki, Sp.PD-KGEH, FINASIM
  4. Prof. dr. H. Abdul Aziz Rani, Sp. PD-KGEH
  5. dr. Maulana Suryamin, Sp.PD-KGEH

Anda bisa berkonsultasi dan melakukan booking dokter secara online melalui aplikasi SehatQ. Download aplikasinya sekarang untuk dapatkan kemudahan untuk konsultasi dan booking dokter, sekaligus membeli obat secara online.

  • Web MD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/what-is-internist
    Diakses pada 3 November 2022
  • Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327316
    Diakses pada 3 November 2022
  • Memorial Reginal Health . https://memorialregionalhealth.com/health-topics/primary-care-general-health/internist-need-one/
    Diakses pada 3 November 2022

Dokter Terkait

dr. Syahidatul Wafa, Sp.PD

Penyakit Dalam

hospital EKA Hospital Cibubur

dr. Anshari Saifuddin Hasibuan, Sp.PD

Penyakit Dalam

hospital EKA Hospital Bekasi

Dr. dr. Kuntjoro Harimurti, Sp.PD-KGer, M.Sc

Penyakit Dalam : Geriatri ( Degeneratif/Lansia )

hospital EKA Hospital Bekasi

Informasi Terkait

dr. Dedy Gunawanjati Sudrajat, Sp.PD, KGEH, FINASIM

Dr. Jimmy Tandradynata, Sp.PD

Dr. Ifael Y. Mauleti, Sp.PD - KPTI, FINASIM

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

  • Aplikasi & Web SehatQ
    Buat janji melalui

    Aplikasi & Web SehatQ

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

logo