close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Buat Appointment
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

Pro Dan Kontra Lensa Kontak

Penggunaan lensa kontak sebagai pengganti kacamata kini telah semakin umum dilakukan. Mulai dari kepraktisan, kenyamanan, hingga kecantikan menjadi alasan para pemakai lensa kontak tersebut. Mari kita telaah pro dan kontra pemakaian lensa kontak dari sudut pandang kesehatan mata.

APAKAH PENGGUNAAN LENSA KONTAK DIANJURKAN OLEH DOKTER MATA?

Sebenarnya dokter mata menganjurkan untuk menghindari pemakaian lensa kontak. Alasannya, bagi mereka yang masih belia, pemeliharaan lensa kontak yang menuntut kebersihan dan kesterilan mungkin sulit untuk dilakukan. Sedangkan bagi mereka yang berusia dewasa, kondisi mata yang cenderung kering seiring bertambahnya usia menyebabkan ketidaknyamanan saat menggunakan lensa kontak.

Penggunaan lensa kontak dianjurkan oleh dokter spesialis mata pada pasien dengan kondisi miopi yang cukup parah sehingga membutuhkan kacamata minus yang sangat tebal, menyebabkan objek terlihat kecil. Lensa kontak dapat membantu pasien tersebut untuk membuat objek terlihat lebih proporsional.

ADAKAH CARA UNTUK MENYIASATI KETIDAKNYAMANAN TERSEBUT, KETIKA MENGGUNAKAN LENSA KONTAK?

Bagi mereka yang telah terbiasa menggunakan lensa kontak namun mulai merasakan ketidaknyamanan seiring bertambahnya usia, maka dianjurkan untuk memilih lensa kontak dengan jangka waktu pemakaian yang pendek, untuk kemudian diganti dengan lensa kontak baru. Semakin pendek jangka waktu pemakaian, semakin baik karena permukaan mata dapat bernapas dengan bebas.

MENGAPA PENGGUNAAN KACAMATA LEBIH DIANJURKAN DIBANDINGKAN LENSA KONTAK?

Lensa kontak yang beredar di pasaran umumnya hanya memiliki ukuran kelipatan 1, mulai dari minus 1 hingga minus 8, tanpa silinder. Berbeda halnya dengan kacamata yang memiliki ukuran lebih presisi dengan kelipatan 0.25 seperti misalnya minus 1,25 atau minus 3,5. Hal tersebut menyebabkan pengguna lensa kontak harus berkompromi dengan memakai lensa kontak yang kurang tepat ukurannya. Selain penglihatan menjadi tidak optimal, dapat terjadi distorsi cahaya, terutama bagi mereka yang mengendarai mobil di malam hari.

BAGAIMANA DENGAN PENGGUNAAN LENSA KONTAK UNTUK TUJUAN KOSMETIKA ATAU KECANTIKAN?

Perkembangan lensa kontak akhir-akhir ini semakin mengarah pada fungsi kosmetik, yaitu mempercantik penampilan pemakainya. Namun menggunakan lensa kontak hanya untuk tujuan kosmetik saja, seperti misalnya untuk menampilkan warna iris yang berbeda, atau memperbesar ukuran bagian hitam mata, yang sangat disayangkan, karena sebenarnya risiko yang dihadapi cukup besar.

Lensa kotak digunakan melekat pada bola mata. Jadi ada risiko terjadinya gesekan pada bagian hitam mata (pupil) ketika lensa diaplikasikan secara tidak berhati-hati. Selain itu, pemeliharaan lensa kontak yang tidak steril dapat menyebabkan timbulnya jamur. Akibatnya, penglihatan pun menjadi terganggu secara permanen.

Menggunakan lensa kontak memang lebih nyaman bagi sebagian besar orang dibandingkan dengan kacamata. Namun risiko yang dihadapi pun tidak kecil. Pertimbangkan manfaat dan risiko tersebut untuk menghindari luka dan penurunan fungsi mata.

BERIKUT TIPS MENGGUNAKAN LENSA KONTAK :

  1. Hindari penggunaan lensa kontak dalam jangka waktu lama, agar mata mendapatkan paparan oksigen yang cukup
  2. Lepaskan lensa kontak sebelum tidur sehingga mata dapat beristirahat
  3. Jadikan lensa kontak sebagai alat bantu penglihatan alternatif. Sedapat mungkin utamakan penggunaan kacamata dibandingkan lensa kontak.
  4. Segera periksakan ke dokter spesialis mata apabila terjadi gatal, alergi, atau iritasi.

Dokter Terkait

dr. Tri Ayu Lestari, Sp.M

Mata

hospital EKA Hospital Cibubur

dr. Intan Samira, Sp.M

Mata

hospital EKA Hospital Cibubur

dr. Aurora Sicilia Hutagalung, Sp.M

Mata

hospital EKA Hospital Bekasi

Informasi Terkait

Mengenal Katarak dan Fakoemulsifikasi

Penglihatan Buram, Waspada Gejala Mata Katarak

Dr. Mohamad Arief Herdiawan, Sp.M

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

  • Aplikasi & Web SehatQ
    Buat janji melalui

    Aplikasi & Web SehatQ

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

logo