close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Buat Appointment
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

Inilah Pentingnya Klinik Laktasi!

Masa menyusui adalah masa yang sangat penting dan berharga bagi setiap ibu dan bayinya. Menyusui merupakan sebuah proses dimana hubungan emosional antara ibu dan anak dapat terjalin lebih kuat dengan pemberian kasih sayang dan pencurahan perhatian secara terus menerus. Ikatan batin antara ibu dan bayinya berkaitan erat dengan pertumbuhan psikologi sehat dan tumbuh kembang bayi. Sehingga, ibu juga disarankan untuk memperhatikan kondisi dirinya selama masa menyusui agar proses tersebut dapat berjalan lancar.

ASI Eksklusif adalah hak setiap bayi seperti yang sudah tertera di PPRI No. 33 Tahun 2012 tentang pemberian ASI Eksklusif. Menyusui sendiri butuh persiapan, yang dimulai ketika seorang ibu dinyatakan hamil, disitulah ibu dan ayah dianjurkan untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang ASI dan Menyusui. Dengan berbekal informasi akan membantu ibu untuk menghadapi masalah- masalah yang mungkin terjadi pada saat menyusui nantinya.

Salah satu hal yang menghambat proses menyusui adalah bila ibu memiliki kesulitan dalam menyusui, antara lain karena volume air susu sedikit atau tidak keluar sama sekali, ibu merasa kesakitan dan lain sebagainya. Kondisi tersebut bisa menimbulkan tekanan pada ibu. Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk mengetahui hal- hal apa saja yang sebaiknya diperhatikan selama menyusui.

Untuk mendukung para ibu yang ingin sukses menyusui, WHO mencanangkan Program 7 Kontak Plus Menyusui, yaitu waktu-waktu khusus yang dianjurkan bagi ibu dan ayah atau anggota keluarga lainnya untuk bertemu dan berkonsultasi kepada Konselor Menyusui, sehingga didapatkan informasi yang relevan mengenai ASI, tindakan menyusui dan permasalahannya.

Konselor menyusui adalah tenaga terlatih  bersertifikat resmi dibidang laktasi. Bukan hanya dokter, melainkan perawat, bidan atau tenaga non medis. Jika perlu tindakan atau pengobatan maka dokter konselor menyusuilah yang menangani. Konseling dapat dilakukan secara pribadi bersama Konselor Menyusui di Klinik Laktasi atau melalui kelas yang dipimpinnya. Program 7 Kontak Plus Menyusui ini dimulai sejak kehamilan trimester ketiga sampai pasca persalinan dan bisa dilakukan kembali bila ditemukan masalah menyusui diluar waktu-waktu khusus tadi.

Simak juga video tips menyusui tanpa rasa nyeri di youtube channel Eka Hospital:

Informasi Terkait

Dr. Valencia Astri Yuwono, B.Med. Sc, Sp.OG

Dr. Baruch Djaja, Sp.OG

Mengenal Apa Itu Fetomaternal?

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

  • Aplikasi & Web SehatQ
    Buat janji melalui

    Aplikasi & Web SehatQ

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

logo