close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Buat Appointment
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

Mengenal 4 Operasi Batu Ginjal Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Batu ginjal adalah penyakit yang ditandai dengan terbentuknya kristal mineral dan garam yang keras seperti batu di dalam ginjal. Batu itu terbentuk saat konsentrasi mineral di urine terlalu tinggi sehingga mineral mengkristal. Istilah medis untuk kondisi seperti ini disebut nefrolitiasis atau kolik renal jika menyebabkan sakit.

Gejala batu ginjal

Gejala batu ginjal sudah mulai dirasakan saat batu sudah bergerak melewati saluran kencing tepatnya di ureter atau saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih. Berikut ini beberapa gejala yang ditimbul:

  • Rasa sakit saat mengeluarkan urine
  • Nyeri pinggang atau perut bagian bawah
  • Buang air kecil mengeluarkan darah
  • Urine keruh dan berbau
  • Sering buang air kecil
  • Pembesaran ginjal jika terjadi penyumbatan saluran kemih (hidronefrosis)
  • Demam serta menggigil jika terjadi infeksi
  • Mual dan muntah

Penyebab batu ginjal

Batu ginjal terjadi karena jumlah urine menurun dan adanya kelebihan jumlah zat pembentuk batu ginjal seperti kalsium, asam urat dan oksalat.

Berikut ini beberapa penyebab batu ginjal terbentuk, antara lain:

  • Kurang minum air putih
  • Konsumsi garam atau sodium berlebihan
  • Konsumsi protein hewani terlalu banyak
  • Konsumsi oksalat berlebihan
  • Masalah pencernaan seperti penyakit peradangan usus, kolitis ulseratif, dan penyakit Crohn
  • Penyakit diabetes tipe 2
  • Hiperparatiroidisme
  • Asam urat
  • Konsumsi obat-obat tertentu seperti antibiotik, diuretik dan obat untuk HIV.

Kasus batu ginjal ringan bisa diobati dengan minum obat pereda nyeri dan minum air putih yang banyak untuk mengeluarkan batu melalui saluran kemih.

operasi batu ginjal

Hanya saja pada kasus batu ginjal yang sudah mengendap di saluran kemih bahkan menyebabkan infeksi dan komplikasi maka perlu tindakan operasi untuk mengeluarkan batu ginjal itu.

Operasi batu ginjal

Operasi batu ginjal adalah tindakan medis dengan prosedur bedah untuk mengeluarkan batu yang sudah bersarang di ginjal dan kandung kemih. Operasi pun bisa menggunakan teknik bedah minim sayatan (bedah konvensional).

Operasi batu ginjal sebaiknya segera dilakukan sebelum batu semakin besar dan mengganggu kesehatan tubuh. Ada beberapa pilihan prosedur operasi batu ginjal yang dilakukan oleh dokter ahli urologi. Kenali masing-masing jenis operasi berserta kelebihan dan kekurangannya di bawah ini:

1. Extracorporeal shock wave lithotripsy atau ESWL
ESWL atau litotripsi dengan gelombang kejut adalah tindakan medis untuk menghancurkan batu menggunakan gelombang kejut. Tindakan ini diharapkan batu yang sudah hancur akan keluar bersama urine. 

Kelebihannya tidak akan ada sayatan karena tidak ada alat yang dimasukkan ke dalam tubuh. ESWL disebut-sebut sebagai terapi non-invasif yang ideal untuk batu ginjal berukuran kecil dan batu belum keras. Kekurangannya tidak bisa dilakukan jika Anda sedang hamil, memiliki penyakit gagal ginjal, gangguan pembekuan darah, tekanan darah tinggi, dan kondisi lain sehingga mengganggu aliran urine.

2. Ureteroscopy (URS) dan Retrograde Intrarenal Surgery (RIRS)
URS dilakukan dengan cara memasukkan alat berbentuk selang elastis dilengkapi kamera pada ujungnya untuk mencari dan mengambil batu ginjal. Prosedur ini tidak memerlukan sayatan pada kulit. Pada batu berukuran besar biasanya terlebih dulu dihancurkan menggunakan laser. Kemudian stent dipasang dengan tujuan membantu aliran urine.

Kelebihan lainnya melalui proses URS dapat berlangsung cepat dan tidak perlu menginap. Sayangnya ada efek samping seperti perdarahan dan infeksi serta bisa terjadi penyempitan pada ureter.

Sementara itu pada teknik RIRS akan menggunakan teropong yang fleksibel (flexible ureteroscope) yang juga akan dipecah menggunakan laser kemudian dikeluarkan.

3. Percutaneous Nephrolithotomy (PCNL)
Tindakan ini untuk batu ginjal yang berukuran besar yakni lebih dari 2 cm. Dilakukan dengan memasukkan teropong lewat sayatan kurang dari 1 cm pada pinggang sisi samping. Tujuannya untuk memecah dan mengeluarkan batu. Bisa juga dengan menggunakan laser untuk memecahkan dulu batu ginjal baru divakum menggunakan mesin. Teknik ini disebut nephrolithotripsy.

Kelebihannya memiliki tingkat keberhasilan sampai 95 persen dan masa pemulihan Anda selama 1-2 hari saja. Namun operasi ini bisa menimbulkan perdarahan, infeksi dan kerusakan organ sekitar seperti usus, kandung kemih, ureter, hati dan ginjal.

4. Operasi terbuka
Untuk kasus batu ginjal besar dan sudah sangat komplek salah satu cara penanganannya adalah operasi terbuka. Hanya saja ini sudah jarang digunakan karena biasanya pengobatan sudah melalui tindakan minimal invasif.

Bahkan dokter akan lebih sering menyarankan untuk melakukan pengobatan dengan operasi laser batu ginjal seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Salah satu rumah sakit terbaik di Indonesia yakni Eka Hospital sudah melakukan teknologi canggih tersebut. Dokter ahli akan menyarankan untuk melakukan ESWL sebagai penanganan awal pada Anda yang menderita batu ginjal. Tindakan ini dinilai sangat aman dilakukan tanpa operasi dan sayatan, bahkan memasukkan alat ke tubuh.

Eka Hospital bahkan memberikan paket treatment untuk ESWL dengan harga Rp7.990.000 sudah mencakup jasa konsultasi dokter, kamar one day care dan obat serta alat kesehatan selama menjalani perawatan. Ada juga paket screening batu ginjal seharga Rp850.000 hingga Rp2.550.000 meliputi layanan konsultasi dengan dokter spesialis urologi, USG atau CT scan batu ginjal dan pemeriksaan laboratorium.

Layanan Terpadu Batu Ginjal Eka Hospital
Eka Hospital meluncurkan layanan terpadu batu ginjal yang menyediakan operasi minim sayatan atau minimal invasive surgery dan operasi tanpa sayatan atau non-invasive surgery yakni Extracoporeal Shockwave Litothripsy (ESWL). Mereka menyediakan layanan berupa paket Screening Batu Ginjal.

Screening Batu Ginjal sebagai langkah mendeteksi dini penyakit ginjal Anda. Jika ditemukan batu ginjal akan dilakukan pemeriksaan ESWL. Ini menjadi solusi bagi Anda yang membutuhkan penanganan batu ginjal tanpa proses pembedahan dan sayatan.

Di layanan Terpadu Batu Ginjal Eka Hospital didukung dengan tim dokter spesialis yang mumpuni dan berpengalaman. Berikut ini daftar dokter terbaik yang menjadi tim di layanan ini.

1. Prof. Dr. dr. Akmal Taher, SpU(K), Ph.D
Prof. Dr. dr. Akmal Taher, SpU(K), Ph.D adalah Dokter Spesialis Urologi. Beliau praktek di Eka Hospital Bekasi. Beliau perintis ilmu uro-andrologi modern baik di bidang penanganan infertilitas pria modern maupun disfungsi ereksi. Beliau mendapat gelar spesialis urologi di Universitas Indonesia. Sementara gelar Doktor Medikus dan Ph.D diraihnya dari Hannover Medical School and Institute for Peptide Research, Hannover, Jerman. Kini beliau adalah guru besar di Universitas Indonesia dan pernah menjadi staf ahli Kementerian Kesehatan bidang peningkatan pelayanan.

2. dr. Widi Atmoko, Sp.U (K)
dr. Widi Atmoko, Sp.U (K) adalah Dokter Spesialis Urologi dan Konsultan Andrologi Urologi di Eka Hospital Bekasi. Beliau berpengalaman menangani permasalahan pada organ reproduksi dari disfungsi ereksi hingga batu ginjal, dan sistem urin. Beliau gelar spesialis urologi di Universitas Indonesia.

3. dr. Regi Septian, M.Kes., Sp.U
dr. Regi Septian, M.Kes., Sp.U adalah Dokter Spesialis Urologi di Eka Hospital Bekasi. Beliau menangani masalah kesehatan pada saluran kemih seperti batu ginjal, nyeri buang air kecil, dan kemandulan pada pria wanita. Beliau memiliki latar belakang pendidikan sebagai dokter umum, ahli gizi medik dan spesialis urologi dari Universitas Padjajaran Bandung.

4. dr. Andry Giovanny, Sp.U
dr. Andry Giovanny, Sp.U adalah Dokter Spesialis Urologi di Eka Hospital Bekasi. Beliau memberikan layanan sebelum pembedahan saluran kemih. Beliau menempuh pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia. Kini menjadi anggota di organisasi Ikatan Ahli Urologi Indonesia (IAUI).

Anda bisa kunjungi Eka Hospital yang tersebar di beberapa daerah seperti BSD City, Cibubur, Bekasi dan Pekanbaru.

Jika Anda membutuhkan konsultasi operasi batu ginjal dengan dokter spesialis urologi di Eka Hospital bisa buat janji melalui layanan WhatsApp Eka Hospital 0-8888-90-5555 atau lewat aplikasi kesehatan SehatQ. Caranya dengan download aplikasi SehatQ di Google Store atau Apple Store.

Informasi Terkait

Batu Saluran Kemih dan Pilihan Terapinya

Dr. Taufik Rakhman Taher, Sp.U

Dr. Widi Atmoko, Sp.U (K), FICS

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

  • Aplikasi & Web SehatQ
    Buat janji melalui

    Aplikasi & Web SehatQ

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

logo