close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Buat Appointment
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

Mengenal Kapsul Endoskopi: Manfaat, Efek Samping Dan Prosedur

Endoskopi adalah tindakan medis yang bertujuan membantu dokter menentukan penyebab penyakit dalam menangani gangguan organ dalam tanpa perlu operasi. Prosedur medis ini menggunakan alat bernama endoskop yang berbentuk selang khusus dilengkapi lampu dan kamera di ujungnya untuk melihat organ dalam.

Tindakan endoskopi ini bisa dilakukan di berbagai saluran dalam tubuh seperti saluran pencernaan, saluran pernapasan, saluran reproduksi dan saluran kencing.

Lumrahnya endoskopi ini digunakan untuk mendeteksi penyakit yang ada di saluran pencernaan yaitu dengan tujuan mengevaluasi dinding dan struktur saluran pencernaan secara jelas. Biasanya digunakan karena dari gejala yang dialami dicurigai adanya pendarahan pada kerongkongan, lambung, usus besar, usus halus hingga anus. Selain itu, bisa juga terjadi peradangan, tumor, polip dan penyakit lainnya di saluran pencernaan.

Endoskopi konvensional dilakukan dengan dua cara yakni melalui atas dan bawah. Teknik endoskopi atas berarti memasukkan alat endoskop ke dalam mulut kemudian melewati kerongkongan, lambung hingga usus. Sedangkan teknik endoskopi bawa dilakukan melalui anus melewati usus besar hingga organ tertentu yang menjadi target. Catatannya adalah akses endoskopi menyesuaikan lokasi organ yang akan dievaluasi.

Semakin maju teknologi, teknik endoskopi dilakukan lebih mudah dengan alat berupa kapsul yang dilengkapi kamera untuk merekam. Alat ini kemudian yang dinamakan kapsul endoskopi.

Kapsul Endoskopi

Kapsul endoskopi adalah teknik endoskopi untuk memeriksa saluran pencernaan menggunakan kamera nirkabel yang bentuknya kapsul dan ditelan agar masuk ke dalam tubuh untuk mengambil gambar pada saluran yang dilaluinya.

Tindakan medis menggunakan kapsul endoskopi ini lebih disarankan karena bisa lebih jelas dan hasilnya lebih baik untuk mengevaluasi saluran pencernaan bahkan sampai usus halus. Karena endoskopi konvensional memiliki keterbatasan untuk sampai ke usus halus biasanya.

Kapsul Endoskopi

Keunggulan kapsul endoskopi juga lebih nyaman digunakan daripada endoskopi konvensional. Ini karena Anda hanya perlu menelan kapsul yang bentuknya seperti vitamin. Hanya saja kapsul endoskopi ini memiliki manfaat dan efek samping yang perlu diketahui dan lebih baik mengikuti saran dokter Anda.

Manfaat kapsul endoskopi

Kapsul endoskopi digunakan untuk mendiagnosis masalah kesehatan pada sistem pencernaan Anda. Teknik endoskopi satu ini bisa membantu dokter untuk:

  • Mendiagnosis kondisi gastrointestinal seperti penyakit Crohn, penyakit celiac, dan kolitis ulseratif
  • Mengidentifikasi penyebab sakit perut yang tak kunjung sembuh
  • Mengidentifikasi penyebab pendarahan pada saluran pencernaan
  • Mendiagnosis kanker gastrointestinal
  • Mendeteksi polip atau tumor di saluran pencernaan
  • Memeriksa kerongkongan (esofagus) untuk melihat ada penyakit varises esofagus yakni kelainan atau pembesaran pembuluh darah esofagus
  • Pemeriksaan lanjutan dari prosedur sejenisnya atau hasil rontgen sebelumnya.

Efek samping kapsul endoskopi

Kapsul endoskopi memang prosedur medis yang sederhana dan aman tetapi tetap memiliki efek samping dan risiko jika kapsul itu tersangkut di saluran pencernaan Anda. 

Kondisi Anda seperti ini yang bisa membuat kapsul tersangkut karena saluran pencernaan menyempit, antara lain:

  • Penyakit radang usus
  • Polip atau tumor
  • Penyakit Crohn
  • Kolitis ulseratif 
  • Operasi atau cedera yang dialami Anda sebelumnya

Kapsul yang tersangkut biasanya akan keluar sendiri ketika buang air besar. Hanya saja jika Anda mengalami mual, muntah dan sakit perut, dokter bisa melakukan operasi untuk mengeluarkan kapsulnya.

Prosedur kapsul endoskopi

Berikut ini langkah-langkah melakukan tindakan medis dengan memanfaatkan teknik kapsul endoskopi:

  1. Persiapan sebelum tindakan dengan berhenti makan dan minum selama 12 jam, dokter biasanya akan memberikan obat pencahar agar Anda buang air besar.
  2. Tim medis akan menempelkan perekat yang mempunyai antena dengan kabel yang terhubung ke perekam pada perut Anda.
  3. Alat perekam akan dipasangkan ke tubuh Anda dengan ikat pinggang khusus.
  4. Dokter akan memberikan kapsul endoskopi untuk ditelan caranya diminum seperti minum kapsul dengan air.
  5. Kamera pada kapsul endoskopi akan menangkap saluran pencernaan dan dikirim ke antena, lalu gambar diteruskan ke perekam yang akan mengumpulkan gambar dan menyimpan data gambar.
  6. Butuh waktu 2 jam untuk bisa minum air lagi setelah menelan kapsul endoskopi.
  7. Setelah 4 jam menelan kapsul endoskopi, Anda diperbolehkan makan makanan ringan.
  8. Dokter akan melepas alat perekam setelah 8 jam kapsul endoskopi ditelan.
  9. Dokter akan mendownload gambar seluruh pencernaan dan mempelajarinya.
  10. Biasanya kapsul akan keluar dengan sendirinya saat Anda BAB beberapa jam atau hari setelahnya.
  11. Dokter akan menjelaskan hasil temuannya sekitar 2 sampai 3 minggu kepada Anda.

Kapsul endoskopi untuk mengatasi GERD

Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah gangguan pencernaan berupa refluks asam lambung berulang dalam jangka panjang yang disebabkan katup atau sfingter yang terletak di kerongkongan bagian bawah melemah.

Karena katup melemah sehingga isi lambung berupa makanan dan asam lambung naik ke kerongkongan. Jika terjadi terus menerus akibatnya lapisan kerongkongan bisa iritasi dan meradang.

Prosedur endoskopi dilakukan untuk mengatasi GERD jika penderitanya tak kunjung membaik setelah diobati dengan obat-obatan dan sudah mengubah pola hidupnya jadi lebih sehat.

Kapsul Endoskopi

Gejala pasien yang membutuhkan endoskopi ketika sudah mengalami muntah, pucat, nyeri menelan, penurunan berat badan serta muntah darah.

Tindakan medis dengan teknik kapsul endoskopi ini bisa Anda temui di salah satu rumah sakit di Indonesia yakni Eka Hospital.

Eka Hospital bahkan memiliki pusat kesehatan saluran pencernaan yang diberi nama Divine (Advanced Endoscopy Center). Pusat kesehatan ini dipimpin oleh Prof.DR.dr.H. Murdani Abdullah, FACG,Sp.PD,KGEH yang merupakan ahli pencernaan dan endoskopi yang telah menerima banyak penghargaan dari dalam hingga luar negeri.

Divine sendiri dilengkapi dengan teknologi kapsul endoskopi hingga endoskopi tingkat lanjut yang canggih. Tentunya ditunjang dengan dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterologi-hepatologi yang berpengalam dalam menangani penyakit-penyakit saluran pencernaan mulai dari GERD, radang lambung, radang usus besar hingga batu saluran empedu.

Teknik endoskopi juga bisa digunakan untuk pemeriksaan awal kanker pada saluran pencernaan, pengangkatan tumor kecil tanpa operasi dan pengangkatan batu saluran empedu tanpa operasi.

Anda bisa kunjungi Eka Hospital yang tersebar di beberapa daerah seperti BSD City, Cibubur, Bekasi dan Pekanbaru. Jika Anda membutuhkan konsultasi mengenai prosedur kapsul endoskopi di Eka Hospital bisa buat janji melalui layanan WhatsApp Eka Hospital 0-8888-90-5555 atau lewat aplikasi kesehatan SehatQ. Caranya dengan download aplikasi SehatQ di Google Store atau Apple Store.
 

  • What Is Capsule Endoscopy? https://www.webmd.com/digestive-disorders/what-is-capsule-endoscopy
    Diakses pada 14 Juli 2022
  • Capsule Endoscopy https://www.hopkinsmedicine.org/health/treatment-tests-and-therapies/capsule-endoscopy
    Diakses pada 14 Juli 2022
  • Capsule Endoscopy https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/capsule-endoscopy/about/pac-20393366#:~:text=Capsule%20endoscopy%20is%20a%20procedure,vitamin%2Dsize%20capsule%20you%20swallow.
    Diakses pada 14 Juli 2022
  • What is an endoscopy? https://www.healthline.com/health/endoscopy
    Diakses pada 14 Juli 2022

Dokter Terkait

dr. Vidya Sari, Sp.PD

Penyakit Dalam

hospital EKA Hospital Cibubur

Informasi Terkait

dr. Rayendra, Sp.PD, KGH, FINASIM

Apakah Vaksin Korona Aman Bagi Penderita Diabetes?

Cara Mengobati Luka Kaki Diabetes agar Tak Berujung Amputasi

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

  • Aplikasi & Web SehatQ
    Buat janji melalui

    Aplikasi & Web SehatQ

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

logo