close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Buat Appointment
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

Mengenal Bedah Ortopedi: Pasien Seperti Apa Yang Butuh Tindakan Ini?

Bedah Ortopedi adalah cabang ilmu kedokteran yang berfokus pada prosedur operasi yang dilakukan oleh Spesialis Ortopedi atau Ahli Bedah Ortopedi yang memenuhi syarat untuk mengobati masalah muskuloskeletal yang memengaruhi tulang, sendi, otot, tendon, dan ligamen yang umumnya disebabkan oleh kecelakaan, trauma, cedera, atau kondisi kronis.

Bedah ortopedi juga dapat memperbaiki masalah sistem saraf yang terkait dengan tulang belakang, serta cacat bawaan dan masalah muskuloskeletal yang disebabkan oleh penuaan.

Siapa yang harus menjalani Bedah Ortopedi?

Pasien biasanya akan dirujuk oleh Dokter Umum ke Spesialis Ortopedi untuk perawatan kecelakaan atau cedera seperti kelainan bentuk tulang belakang atau tungkai, patah tulang, radang sendi kronis, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bedah Ortopedi

Ahli Ortopedi dapat merawat pasien yang sangat muda, biasanya untuk kelainan bawaan seperti skoliosis atau kaki yang mengalami cedera, kemudian atlet muda yang membutuhkan operasi arthroscopic, hingga pasien senior dengan masalah mobilitas. Siapapun yang memiliki masalah pada tulang, otot, dan jaringan ikat dapat berkonsultasi dengan Ahli Ortopedi untuk meringankan gejala dan mendapatkan perawatan yang tepat.

Dokter Ortopedi akan melakukan tiga tugas penting yang di antaranya adalah; diagnosis kelainan dan cedera melalui pemeriksaan fisik maupun tes seperti rontgen, MRI, USG, atau tes darah. Kemudian, mengobati cedera biasanya melalui pengobatan dan/atau pembedahan (dilakukan oleh Ahli Bedah Ortopedi), dan kemudian merekomendasikan fisioterapi atau olahraga teratur untuk memaksimalkan dan memulihkan kekuatan, gerakan, dan fungsi area yang dirawat.

Operasi umum dalam Bedah Ortopedi

Ada puluhan jenis operasi Bedah Ortopedi yang dilakukan oleh Ahli Bedah setiap hari. Beberapa yang paling umum di antaranya adalah:

1. Artroskopi
Ini adalah teknik invasif minimal yang canggih untuk mendiagnosis dan memperbaiki jaringan sendi yang rusak yang dilakukan dengan menggunakan probe, tabung tipis, dan instrumen kecil.

2. Perbaikan patah tulang
Prosedur pembedahan untuk mengobati patah pergelangan kaki, kaki, pinggul, tulang rusuk, lengan, tulang selangka (hampir semua tulang dalam hal ini); jenis operasi ini melibatkan sayatan untuk memperbaiki tulang, seringkali menggunakan sekrup atau plat.

3. Arthroplasty
Berbagai teknik untuk mengganti seluruh sendi seperti pinggul atau lutut, seperti untuk kasus radang sendi kronis, jenis operasi ini memperbaiki atau mengganti sendi yang sakit dengan bahan karet prostetik untuk memulihkan gerakan pada sendi.

4. Perbaikan jaringan yang rusak
Prosedur pembedahan ketika ligamen atau tendon yang robek direkonstruksi melalui cangkok yang diambil di tempat lain di tubuh.

5. Bedah korektif
Berbagai prosedur yang dilakukan untuk memperbaiki ketidaksejajaran dan kelainan bentuk anggota tubuh atau tulang belakang untuk meningkatkan dan mengoptimalkan gerakan; di antara prosedur yang biasa dilakukan adalah operasi fusi (mengelas dua bagian tulang menjadi satu) dan osteotomi (pemotongan dan reposisi tulang).

Bagaimana Prosedurnya?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Ahli Bedah Ortopedi menyediakan berbagai perawatan. Namun, sebelum pengobatan definitif disarankan, pasien harus menjalani pengujian ekstensif untuk menentukan sifat dari masalah tulang atau otot. Ahli Ortopedi akan menanyakan tentang riwayat kelainan, pengobatan yang dicari sebelumnya, dan informasi terkait lainnya yang berhubungan dengan kondisi pasien. 

Pasien mungkin diminta untuk menjalani tes seperti X-Ray, Computed Tomography (CT) Scan, Magnetic Resonance Imaging (MRI), tes darah atau myelogram untuk menjelaskan tingkat masalah secara detail.

Tergantung pada diagnosisnya, pasien mungkin disarankan untuk minum obat, menjalankan operasi, melakukan terapi rehabilitatif atau alternatif, atau menjalani kombinasi metode perawatan ini. Pembedahan seringkali merupakan pilihan terakhir jika penyakit pasien tidak merespons pengobatan non-bedah lainnya. Jika operasi dianggap sebagai pilihan terbaik, prosedur pra operasi seperti tes diagnostik rutin akan dilakukan sebelum operasi pasien.

Semua operasi ortopedi, termasuk operasi umum yang disebutkan di atas, dilakukan dengan anestesi lokal (sering dengan sedasi) atau anestesi umum. Untuk operasi besar seperti penggantian lutut, pasien mungkin diminta untuk mempersiapkan donordarah jika diperlukan transfusi selama operasi.

Eka Hospital memiliki layanan untuk meningkatkan keamanan pasien dalam menjalani operasi tulang belakang melalui Gatam Institute Orthopaedic & Spine Centre. 

Pasca-Bedah Ortopedi

Pasien yang sudah menjalani Bedah Ortopedi biasanya akan diminta untuk rawat inap terlebih dahulu kemudian baru diizinkan pulang untuk melakukan pemulihan. Saat masa pemulihan, pasien diminta untuk istirahat total dan menjaga bagian tulang atau sendi yang telah dioperasi agar tidak banyak bergerak.

Pasalnya, pasien tetap masih bisa mengalami keluhan seperti nyeri dan pembengkakan di bekas luka operasi. Untuk mengobatinya, dokter pun biasanya juga telah memberikan obat pereda nyeri dan antibiotik untuk mencegah infeksi.

Tak hanya itu, dokter juga akan mengatur jadwal check-up pasien selama masa pemulihan. Jika bagian tubuh yang dioperasi sudah cukup stabil untuk digerakkan, dokter pun akan mengatur jadwal fisioterapi yang bertujuan untuk menguatkan otot, tulang, dan sendi.

Masa pemulihan pasca operasi setiap pasien tentu berbeda-beda untuk setiap teknik operasinya. Pasien umumnya akan pulih selama beberapa hari atau minggu. Sangat perlu diingat bahwa pasien tidak boleh merokok selama masa pemulihan, karena kandungan nikotin di dalam rokok dapat mengganggu pemulihan tulang.

Kemungkinan Risiko dan Komplikasi

Sama seperti operasi bedah lainnya, ada tingkat risiko dalam Operasi Ortopedi. Di antara komplikasi yang jarang terjadi adalah: reaksi merugikan atau alergi terhadap anestesi, perdarahan berlebihan, pembentukan bekuan dan infeksi pasca operasi. Peradangan di tempat prostetik, cangkok, sekrup, dan bahan lain yang asing bagi tubuh juga dapat terjadi.

Pada operasi yang melibatkan tulang belakang, ada risiko menyebabkan kerusakan saraf. Namun, kematian selama prosedur Bedah Ortopedi sangat jarang terjadi. Terlepas dari risiko ini, tidak ada alternatif lain yang tersedia saat ini yang dapat memberikan perawatan yang dapat ditawarkan oleh Operasi Ortopedi untuk menghilangkan kondisi muskuloskeletal.

Efek samping yang bisa terjadi

Seperti yang dijelaskan di atas, Bedah Ortopedi juga berisiko menimbulkan efek samping yang bisa kembali mengganggu pasien seperti:

  • Kerusakan jaringan saraf
  • Kerusakan jaringan di area yang ditangani
  • Sendi terasa kaku
  • Nyeri sendi kronis
  • Tulang, tendon, sendi, dan ligamen yang sudah dioperasi kembali rusak
  • Infeksi luka operasi
  • Pembentukan gumpalan darah
  • Reaksi alergi terhadap obat bius
  • Perdarahan dan kerusakan pembuluh darah

Jika mengalami keluhan atau efek samping

Jika pasien mengalami hal tersebut setelah menjalani Bedah Ortopedi, maka segeralah mencari pertolongan medis agar segera ditangani. Pasien dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika dalam masa pemulihan mengalami gejala seperti ini:

  • Demam
  • Keluar cairan berbau dari area yang ditangani
  • Kemerahan dan bengkak di area operasi
  • Bagian tubuh yang dioperasi terasa kaku dan kesemutan
  • Nyeri hebat yang tidak membaik meski sudah minum obat pereda nyeri

Gatam Institute Orthopaedic & Spine Centre

Eka Hospital menyediakan program Gatam Institute Orthopaedic & Spine Centre yang memiliki tim dokter spesialis ortopedi yang bisa diandalkan dan berkompeten. Gatam Institute Orthopaedic & Spine Centre memiliki layanan Robotic Navigation Spine Surgery, sebuah teknologi yang ditujukan untuk membantu meningkatkan keamanan pasien dalam menjalani operasi tulang belakang dengan tingkat akurasi penempatan screws atau implan mencapai 99,9%. Teknologi ini diklaim menjadi satu-satunya yang ada di Asia Tenggara.

Robot navigasi ini digunakan pada kasus operasi tulang belakang (cervical, thoracic, lumbar dan iliac), dari penanganan saraf terjepit hingga rekonstruksi skoliosis yang akan meningkatkan keamanan dan pemulihan pasien. Teknologi ini akan 53% mengurangi durasi waktu operasi, dinavigasi langsung, dan mengurangi paparan radiasi.

Tidak hanya menangani kasus tulang belakang, Gatam Institute memiliki tim dokter spesialis yang lengkap dari konsultan lutut panggul, cedera olahraga, hingga konsultan ortopedi anak. Bahkan, Eka Hospital juga menjadi official medical partner bagi klub sepakbola ternama yaitu Persija Jakarta.
Ada fasilitas unggulan dan layanan yang ditawarkan di Gatam Institute Orthopaedic & Spine Centre yang di antaranya adalah:

Robotic navigation spine surgery
Satu-satunya di Asia Tenggara

Operasi tulang belakang invasif minimal

  • PELD (Percutaneous Endoscopic Lumbar Decompression)
  • PSLD (Percutaneous Stenoscopic Lumbar Discectomy)
  • PLDD (Percutaneous Laser Disc Decompression) 
  • PECD (Percutaneous Endoscopic Cervical Discectomy)
  • PETD (Percutaneous Endoscopic Thoracal Discectomy) 
  • ACDF (Anterior Cervical Discectomy and Fusion) 
  • ACCF (Anterior Cervical Corpectomy and Fusion) 
  • PLIF (Posterior Lumbar Interbody Fusion) 
  • ALIF (Anterior Lumbar Interbody Fusion)
  • BESS- TLIF (Biportal Endoscopic Spine Surgery Transoraminal Interbody Fusion)
  • ENDO - TLIF (Endoscopic Posterolateral Transforaminal Lumbad Interbody Fusion) 
  • Kypoplasty
  • Vertebroplasty
  • Radio Frequency
  • Sacro Illiac Joint Injection
  • dan lainnya

Operasi lutut dan panggul invasif minimal (arthroskopi)

Total Knee replacement
Total Hip Replacement
ACL reconstruction
Miniscus repair
MCL and PCL Reconstruction
Hemiarthroplasty

Operasi siku dan lengan invasif minimal (arthroskopi)

Wrist Arthroscopy 
Wrist Arthroscopy 
Total Shoulder Arthroplasty 
Total Elbow Arthroplasty 
Arthroscopic Rotator Cuff Repair
Arthroscopic Bankart Repair

Gatam Institute Orthopaedic & Spine Centre Eka Hospital terdiri dari tim dokter spesialis ortopedi dan konsultan yang di antaranya adalah konsultan tulang belakang, konsultan siku dan lengan, konsultan bedah ortopedi anak, dokter spesialis ortopedi, konsultan sport injury, konsultan lutut dan panggul. Satu di antara dokter terbaik Gatam Institute Orthopaedic & Spine Centre yang bisa ditemui adalah dr. Ameria Pribadi, Sp.OT.

Profil dr. Ameria Pribadi, Sp.OT

dr. Ameria Pribadi, Sp.OT adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Ia adalah Dokter Spesialis Ortopedi yang praktek di Eka Hospital BSD. dr. Ameria Pribadi, Sp.OT berkompeten dalam menangani masalah ortopedi dan traumatologi.

dr. Ameria Pribadi, Sp.OT

Beliau merupakan dokter spesialis bedah ortopedi wanita yang berpraktik di Eka Hospital BSD dan Beliau pernah menjalani magang Ortopedi dan Traumatologi di Rumah Sakit Universitario Guadalajara Spanyol. Kemudian ia juga memiliki pengalaman fellowship dalam Bedah Lutut dan Artroskopi, Bedah Pinggul, dan Pergelangan Kaki dan Artroskopi di Universitas Hiroshima Jepang.

Kemudian ia memperdalam ilmunya di jurusan Orthopedic Surgery, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.


Jika Anda mengalami keluhan pada bagian ortopedi seperti tulang, sendi, dan otot, maka segera hubungi dokter spesialis ortopedi di Gatam Institute Orthopaedic & Spine Centre melalui aplikasi kesehatan SehatQ. Anda bisa mengunduh aplikasi SehatQ melalui Google Store dan juga Apple Store.

Dokter Terkait

dr. Phedy, Sp.OT (K) Spine

Orthopedi : Tulang Belakang

hospital EKA Hospital BSD

dr. Anggaditya Putra, Sp.OT (K) Hip and Knee

Orthopedi : Sendi Lutut & Pinggul

hospital EKA Hospital Cibubur

Informasi Terkait

Dr. Phedy., Sp.OT (K) Spine

Vertebroplasty dan Kyphoplasty

Mengenal Penyebab Skoliosis Langkah Pencegahannya

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

  • Aplikasi & Web SehatQ
    Buat janji melalui

    Aplikasi & Web SehatQ

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

logo