close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Buat Appointment
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

Penglihatan Buram, Waspada Gejala Mata Katarak

Mata merupakan  salah satu indera yang paling penting, baik bagi Anda yang  berusia muda ataupun usia lanjut. Menjaga kesehatan mata sama pentingnya dengan menjaga kesehatan anggota tubuh lainnya. Misalnya dengan melakukan pengecekan ke dokter mata secara berkala.

 

Salah satu penyakit mata yang banyak dialami masyarakat di Indonesia adalah katarak. Gejala umum dari penyakit ini yaitu penglihatan yang buram, kurang fokus saat melihat objek di kejauhan, penglihatan ganda saat melihat objek, melihat warna menjadi pudar, serta sensitif terhadap sinar atau cahaya.

Sebagian besar katarak terjadi karena proses degeneratif atau bertambahnya usia seseorang. Usia rata-rata terjadinya katarak umumnya pada usia 50 tahun ke atas. Namun, katarak dapat pula terjadi pada bayi karena sang ibu terinfeksi virus pada saat hamil muda.

 

Bagaimana mendeteksi dan mengatasi katarak? Katarak terjadi secara perlahan sehinga penglihatan penderita terganggu secara berangsur. Dengan pemeriksaan menyeluruh, dokter spesialis mata dapat mendeteksi katarak atau penyebab lain kekeruhan pada lensa dan gangguan pada mata. Katarak hanya dapat diatasi melalui prosedur operasi, akan tetapi jika gejala katarak tidak mengganggu, tindakan operasi tidak diperlukan, cukup dengan mengganti kacamata.

Hari ini, kamis tanggal 8 Oktober diperingati sebagai Hari Penglihatan Sedunia atau  World Sight Day yang merupakan hari kepedulian internasional terhadap isu- isu global yang berkaitan dengan masalah kebutaan dan gangguan penglihatan yang diderita oleh penduduk dunia. Beberapa waktu lalu, media sosial Eka Hospital diramaikan oleh pertanyaan warga net tentang beragam materi yang terlihat buram ataupun kabur. Bukan tanpa tujuan, Eka Hospital sengaja melakukan kampanye ini agar kaum muda khususnya, merasakan gangguan penglihatan yang seringnya dialami oleh para orang tua-nya.

 

“Katarak ini menjadi penyakit mata yang paling umum bagi orang tua. Tapi, seringnya orang tua merasa acuh, menganggap sepele, bahkan takut untuk melakukan operasi. Oleh karena itu, Eka Hospital mengajak seluruh masyarakat khususnya kaum muda untuk lebih peduli akan kesehatan mata para orang tua-nya, dengan melakukan pengecekan mata secara berkala dan sedini mungkin agar terdeteksi dari penyakit katarak”, ungkap Erwin Suyanto, Head Marketing Corporate & Public Relation Eka Hospital.

Ditinjau Oleh

dr. Adi Kurniawan, Sp.PD, FINASIM

Last Update : 22 Juli 2022

Ditinjau Oleh

dr. Adi Kurniawan, Sp.PD, FINASIM

Last Update : 22 Juli 2022

Dokter Terkait

dr. Tri Ayu Lestari, Sp.M

Mata

hospital EKA Hospital Cibubur

dr. Intan Samira, Sp.M

Mata

hospital EKA Hospital Cibubur

dr. Aurora Sicilia Hutagalung, Sp.M

Mata

hospital EKA Hospital Bekasi

Informasi Terkait

Dr. Zulhafdy, Sp.M

Pro dan Kontra Lensa Kontak

Dr. Mohamad Arief Herdiawan, Sp.M

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

  • Aplikasi & Web SehatQ
    Buat janji melalui

    Aplikasi & Web SehatQ

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

logo