close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Buat Appointment
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

Bullying : Kenali Dan Cegah Sebelum Terlambat!

Perundungan atau bullying adalah penggunaan kekerasan, ancaman, atau pemaksaan untuk menyalahgunakan, mengintimidasi, atau secara agresif mendominasi orang lain. Perilaku itu sering diulang dan menjadi kebiasaan. Salah satu faktor penting yang mendukung perilaku tersebut adalah persepsi, baik yang dimiliki oleh pelaku (perundung) maupun oleh orang lain, tentang ketidakseimbangan kekuatan sosial atau fisik antara pelaku dan korbannya. Perilaku yang digunakan untuk menyatakan tindakan mendominasi tersebut dapat berupa pelecehan atau ancaman verbal, serangan fisik atau pemaksaan, yang tindakan dapat dilakukan berulang kali pada korban. Alasan perilaku semacam itu meliputi banyak hal, antara lain mencakup perbedaan kelas sosial, ras, agama, jenis kelamin, orientasi seksual, penampilan, perilaku, bahasa tubuh, kepribadian, reputasi, garis keturunan, kekuatan, ukuran, atau kemampuan.

WUJUD PERUNDUNGAN

Fisik

Wujud perundungan yang menyakiti fisik seseorang atau merusak harta bendanya. Mencuri, mendorong, memukul, berkelahi dan menghancurkan properti adalah jenis intimidasi fisik yang dilakukan.

Verbal

Jenis perundungan ini berupa intimidasi yang dilakukan dengan berbicara. Memanggil nama, menyebarkan gosip, mengancam seseorang, dan mengolok-olok orang lain adalah bentuk intimidasi verbal. Perundungan verbal adalah salah satu jenis perundungan yang paling umum.

Sosial

Ini adalah bentuk perundungan yang dilakukan dengan maksud untuk menyakiti reputasi seseorang atau kedudukan sosial, yang dapat dilakukan baik secara fisik maupun verbal. Tidak seperti perundungan fisik yang terlihat, perundungan sosial sulit terdeteksi dan dapat berlangsung dalam waktu lama tanpa diketahui.

Perundungan di Dunia Maya (Cyber-Bullying)

Perundungan ini dilakukan melalui penggunaan teknologi untuk melecehkan, mengancam, mempermalukan, dan menargetkan orang lain. Perundungan di dunia maya menggunakan berbagai media seperti email, situs jejaring sosial, pesan teks dan telepon.

Kolektif

Taktik perundungan kolektif dilakukan oleh lebih dari satu individu terhadap korban, yaitu oleh sebuah kelompok, dalam konteks apapun seperti keluarga, kelompok sebaya, sekolah, tempat kerja, lingkungan sekitar, masyarakat, atau on-line. Perundungan di tempat kerja, seperti berkelompoknya beberapa rekan kerja, bawahan atau atasan, untuk memaksa seseorang keluar dari tempat kerja melalui desas-desus, sindiran, intimidasi, penghinaan, pengdiskreditan, dan pengucilan.

MENGIDENTIFIKASI KORBAN PERUNDUNGAN

Banyak korban tidak memberi tahu orang lain karena takut atau terintimidasi. Banyak korban perundungan yang menderita dalam keheningan. Merupakan tugas orang tua untuk mengenali jika anak menjadi korban. Anak yang menjadi korban intimidasi biasanya menampilkan beberapa karakteristik berikut :

Tanda Fisik

Perundungan fisik biasanya yang paling mudah dikenali. Cari tanda seperti pakaian sobek, benjolan, dan memar yang tidak mudah dijelaskan. Jika Anda sering melihat tanda-tanda tersebut, mungkin saja anak Anda telah menjadi korban.

Gejala Emosional

Intimidasi emosional jika tidak terdeteksi dengan cepat, dapat mengakibatkan dampak yang buruk. Seorang anak yang sering diejek tanpa henti dalam kurun waktu yang lama dapat berubah menjadi pendiam, menarik diri, takut bertemu orang lain, kadang menjadi pemarah (agresif), emosional (moody) karena takut, merasa terintimidasi, rendah diri, tampak cemas, dan tidak tenang.

Gejala Sosial

Biasanya terlihat tidak memiliki teman dan tidak mau bergaul/bersosialisasi.

Masalah Akademik

Menunjukkan penurunan pencapaian akademik akibat dari lambat berpikir, sulit berkonsentrasi, mudah lupa, kurang kreatif dan inovatif, serta tidak teliti.

Perundungan dapat berakhir tragis. Oleh karena itu harus dihentikan dengan cepat untuk mencegah dampak yang lebih buruk (eskalasi) lebih lanjut.

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

  • Aplikasi & Web SehatQ
    Buat janji melalui

    Aplikasi & Web SehatQ

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

logo