close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Buat Appointment
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

Gejala Sakit Jantung Yang Perlu Dikenali Dan Diwaspadai

Sakit jantung terjadi saat adanya gangguan pada aliran darah ke jantung akibat. Gangguan ini bisa terjadi akibat penyumbatan karena penumpukan lemak, kolesterol atau zat lain.

Gejala sakit jantung bisa muncul dengan sangat jelas atau bahkan tidak terasa sama sekali.

Gejala Sakit Jantung

Gejala sakit jantung pun terkadang muncul tanpa diduga dan berlangsung sangat cepat. Banyak orang mengira sakit jantung ini hanya bisa dirasakan oleh mereka yang sudah berumur. Sayangnya, sakit jantung bisa menyerang siapa saja.

Mengetahui gejala yang mungkin datang bisa menyelamatkan nyawa Anda atau orang di dekat Anda. Segera cari bantu medis jika menemukan adanya gejala dari sakit jantung.

Gejala Sakit Jantung yang Umum

Gejala yang serangan jantung bisa sangat bervariasi. Gejala yang muncul bisa sangat ringan sehingga sebagian besar orang mengabaikannya. Namun, bisa juga juga gejala yang muncul lebih parah dan berpotensi menyebabkan kematian.

Kenali semua gejala sakit jantung yang umum terjadi di bawah ini:
1. Nyeri dada
Nyeri dada merupakan gejala sakit jantung yang paling umum. Rasa sakit ini akan sangat tidak nyaman pada dada bagian tengah atau kiri. Nyeri dada biasanya berlangsung selama beberapa menit. Mungkin akan hilang beberapa saat lalu muncul kembali.

2. Rasa tidak nyaman di tubuh bagian atas
Rasa nyeri juga akan menjalar ke beberapa bagian tubuh bagian atas. Hal ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman juga pada rahang, leher, punggung, dan perut.

3. Tubuh merasa lemah
Sakit jantung juga akan mempengaruhi tubuh secara keseluruhan. Tubuh akan merasa lemas dan kepala pusing. Beberapa penderita sakit jantung juga bisa pingsan. Rasa lemas ini juga kadang disertai dengan keringat dingin yang keluar di seluruh tubuh.

4. Gangguan pencernaan
Gejala lain yang muncul adanya rasa tidak nyaman pada bagian perut. Sakit jantung akan membuat perut terasa penuh, mulas, dan mual.

5. Sesak napas
Gejala umum dari sakit jantung adalah sesak napas dan dada seperti ada yang mengikat. Sesak napas bisa terjadi sebelum atau setelah gejala sakit jantung yang lain.

6. Intensitas detak jantung cepat
Sakit jantung akan membuat intensitas detak jantung meningkat untuk memompa darah. Pasalnya, darah menuju jantung akan berukuran karena alirannya terhimpit.

7. Pergelangan kaki bengkak
Bagian pergelangan kaki membengkak bisa terjadi akibat gagal jantung. Hal ini disebabkan oleh jantung melemah sehingga tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh. Gejala kaki bengkak disebut juga dengan edema.

Penyebab Tingginya Risiko Sakit Jantung

Sakit jantung sangat berhubungan dengan gaya hidup dan riwayat keluarga. Gejala bisa muncul akibat kolesterol tinggi, obesitas, hipertensi, stres, dan jarang berolahraga. Terlebih lagi, kebiasaan merokok juga menyebabkan meningkatnya risiko sakit jantung.

Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat menjadi cara terbaik untuk menurunkan potensi risiko sakit jantung. Mulai dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, rutin berolahraga, serta mulai sedikit demi sedikit melepaskan kebiasaan merokok.

Jika memang sudah memiliki riwayat sakit jantung, Anda bisa melakukan terapi untuk membantu penyembuhannya. Terapi ini akan dipantau oleh dokter spesialis dengan aktivitas yang sudah dirancang secara khusus. Pasien akan diajak untuk melakukan aktivitas fisik sekaligus pemberian informasi terkait dengan hidup sehat.

Kapan Harus Pergi ke Dokter?

Jika Anda mengalami gejala sakit jantung, segera hubungi layanan darurat. Anda tidak boleh menyetir sendiri ke rumah sakit dan mintalah orang lain mengantar Anda.

Selain itu, jangan tunda untuk menghubungi layanan darurat jika mengalami nyeri dada dan Anda berisiko mengalami serangan jantung. Anda berisiko mengalami serangan jantung jika:

  • Obesitas
  • Merokok
  • Memiliki tekanan darah tinggi
  • Diabetes
  • Kolesterol tinggi
  • Ada anggota keluarga yang mengalami serangan jantung atau angina di bawah usia 60 tahun. 

Untuk Anda yang memiliki gejala-gejala di atas, segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter. Pemeriksaan dan penanganan dini akan menjaga sakit jantung tidak bertambah parah.

MYcardia Eka Hospital

MYcardia Eka Hospital juga didukung tim dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari beragam unit pelayanan, mulai dari spesialis aritmia, spesialis jantung klinis, spesialis jantung intervensi, spesialis jantung anak, spesialis elektrofisiologi, cardiac intensivist, cardiac imaging, spesialis bedah toraks dan kardiovaskuler, spesialis kardioanestesi dan perfusionist.

MYcardia didukung oleh tim dokter profesional yang berkompetensi dan berpengalaman seperti dr. Celly Anantaria Atmadikoesoe Sp.JP (K), FIHA, FAsCC, MMedEd yang menjadi Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah di Eka Hospital BSD dan Eka Hospital Cibubur. Beliau menangani berbagai masalah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah atau kardiovaskular.

Sebagai ahli jantung, dr. Celly melakukan tindakan pengobatan dan juga pencegahan terhadap berbagai penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular.

Keahlian dr. Celly dalam melakukan diagnosis penyakit jantung dengan tindakan medis CT Scan Jantung dan MRI (Magnetic Resonance Imaging). Dengan tindakan diagnosis seperti di atas, beliau bisa menemukan penyebab penyakit jantung dan pembuluh darah yang diderita pasien. 

Jika Anda mengalami keluhan gejala sakit jantung segera hubungi dokter spesialis jantung dari Eka Hospital lewat aplikasi kesehatan SehatQ. Anda bisa mengunduh aplikasi SehatQ di Google Store atau Apple Store.

  • CDC https://www.cdc.gov/heartdisease/heart_attack.htm#:~:text=Heart%20attack%20signs%20and%20symptoms,%2Dheaded%2C%20or%20unusually%20tired
    Diakses pada 31 Oktober 2022
  • Hearth https://www.heart.org/en/health-topics/heart-attack/warning-signs-of-a-heart-attack
    Diakses pada 31 Oktober 2022
  • Mayo Clinic https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heart-attack/symptoms-causes/syc-20373106
    Diakses pada 31 Oktober 2022

Dokter Terkait

dr. Taofan, Sp.JP (K), FIHA, FICA, FAsCC, FSCAI

Kardiologi Intervensi

hospital EKA Hospital Cibubur

Informasi Terkait

Dr. Celly A. Atmadikoesoemah, Sp.JP (K), FIHA, FAsCC, MMedEd

Mengenal Ablasi Jantung, Prosedur Medis untuk Mengobati Aritmia

Apa itu Terapi Resinkronisasi Jantung dalam Gangguan Irama Jantung?

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

  • Aplikasi & Web SehatQ
    Buat janji melalui

    Aplikasi & Web SehatQ

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

logo