close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Buat Appointment
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

Mengenal Kelainan Katup Jantung: Penyebab, Gejala Hingga Pengobatannya

Kelainan katup jantung terjadi karena adanya gangguan dan kerusakan pada katup jantung. Padahal katup jantung memiliki peran penting untuk menjaga aliran darah dalam ruang-ruang jantung.

Jantung pada dasarnya memiliki empat jenis katup, antara lain:

  • Katup Mitral : katup yang menyalurkan darah dari serambi (atrium) kiri ke bilik (ventrikel) kiri.
  • Katup Trikuspid : katup yang menyalurkan darah dari serambi kanan ke bilik kanan. 
  • Katup Aorta : katup yang menyalurkan darah dari bilik kiri ke pembuluh darah menuju ke seluruh tubuh (aorta).
  • Katup Pulmonal : katup yang menyalurkan darah dari bilik kanan ke pembuluh darah menuju paru-paru (arteri pulmonaris).

Ketika salah satu dari keempat katup di atas mengalami kerusakan atau gangguan akan memengaruhi proses kerja jantung dalam mengalirkan darah yang terdiri dari oksigen ke seluruh tubuh. Adanya gangguan pada fungsi dan struktur katup jantung juga akan menyebabkan perubahan hemodinamik secara kronik.

kelainan katup jantung

Jenis Kelainan Katup Jantung

Ada tiga jenis kelainan katup jantung yakni stenosis, regurgitasi dan atresia.

  1. Stenosis : Katup jantung tidak dapat membuka dengan baik karena katup kaku dan saling menempel sehingga membuat darah juga sulit melewati katup, akibatnya jantung harus bekerja keras untuk mengalirkan darah melalui katup.
  2. Regurgitasi : Katup jantung tidak dapat menutup dengan baik sehingga darah bisa bocor atau kembali ke ruangan jantung sebelumnya.
  3. Atresia atau kelainan bentuk katup jantung : Katup jantung tidak terbentuk atau bentuknya tidak pada umumnya yang bisa menyebabkan gangguan aliran darah karena jaringan padat menyumbat aliran darah di antara ruang jantung. Kondisi seperti ini biasanya terjadi sejak lahir.

Penyebab Kelainan Katup Jantung

Kelainan katup jantung bisa terjadi pada semua usia bahkan bayi yang baru lahir hingga orang tua. Kelainan katup jantung sejak lahir biasanya baru akan berkembang ketika sudah dewasa. Namun juga ada kelainan katup jantung yang terjadi karena kondisi atau penyakit lain. Berikut ini penyebab kelainan katup jantung:

1. Kelainan kongenital atau penyakit katup jantung bawaan

Kelainan katup jantung bawaan bisa terjadi sendiri atau adanya kelainan penyakit jantung bawaan lainnya. Ini terjadi akibat gangguan proses pembentukan jantung dalam rahim. Hanya saja penyebab kelainan katup jantung bawaan ini masih sulit diketahui.

2. Proses degeneratif

Kelainan katup jantung juga bisa terjadi karena proses degeneratif yang muncul akibat penyakit lain seperti hipertensi dan gagal jantung.

3. Infeksi

Sementara itu infeksi bisa menyebabkan kelainan katup jantung seperti endokarditis dan penyakit jantung rematik. Endokarditis adalah peradangan pada lapisan bagian dalam jantung. Sementara penyakit jantung rematik adalah kerusakan pada katup jantung berupa kebocoran atau penyempitan sebagai akibat dari demam rematik yang disebabkan infeksi bakteri Streptococcus tipe A.

Gejala Kelainan Katup Jantung

Gejala kelainan katup jantung berbeda-beda pada setiap penderitanya tergantung jenis yang diderita dan tingkat keparahannya. Ada yang tidak menimbulkan gejala selama bertahun-tahun, namun biasanya setelah itu akan muncul tanda dan gejala seperti berikut:

  • Nyeri dada
  • Perut membengkak
  • Lelah
  • Sesak napas
  • Suara jantung tidak normal (murmur) saat didengar menggunakan stetoskop
  • Detak jantung tidak teratur
  • Kaki dan pergelangan kaki membengkak
  • Pusing dan pingsan.

Ketika gejala di atas dirasakan, sebaiknya Anda segera pergi ke dokter spesialis jantung untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat. Jika kelainan katup jantung semakin cepat ditangani maka semakin besar penyakit ini bisa disembuhkan.

Cara Mengobati Kelainan Katup Jantung

Pengobatan kelainan katup jantung berdasarkan tingkat keparahan yang diderita dan gejala yang muncul. Namun secara garis besar dokter akan melakukan tiga tahap pengobatan seperti di bawah ini.

1. Pengobatan konservatif

Dokter akan melakukan pengobatan konservatif di awal seperti melakukan pengawasan medis terhadap pasien secara konsisten, menyarankan untuk berhenti merokok dan melakukan diet.

2. Memberikan obat-obatan

Dokter juga akan memberikan obat-obatan dalam proses penyembuhan kelainan katup jantung, seperti beta-blocker untuk mengontrol detak jantung dan aliran darah dalam tubuh, Diuretik untuk mengurangi retensi cairan, dan Vasodilator untuk membuka dan melebarkan pembuluh darah.

3. Operasi

Tindakan operasi dilakukan jika kelainan katup jantung semakin parah. Pembedahan dilakukan untuk memperbaiki atau mengganti katup jantung yang bermasalah. Dokter biasanya lebih menyarankan untuk melakukan penggantian katup jantung dengan tiga pilihan yakni menggunakan katup yang dibuat dari jaringan tubuh sendiri, katup dari sumbangan orang lain, dan katup buatan.

Dari keempat katup jantung, katup mitral lebih mudah diperbaiki, sedangkan katup aorta dan pulmonal memerlukan penggantian saat rusak.

Pengobatan kelainan katup jantung bisa dilakukan di rumah sakit yang memiliki dokter spesialis jantung, salah satunya Eka Hospital. Apalagi di rumah sakit itu juga terdapat program MyCardia sebagai layanan yang siap diandalkan untuk mengobati berbagai penyakit jantung.

MyCardia Eka Hospital

Eka Hospital memiliki program unggulan yakni MyCardia sebagai layanan yang untuk menanggulangi gejala penyakit jantung dengan tim dokter spesialis jantung yang siap diandalkan. Para dokter spesialis jantung yang Eka Hospital miliki sudah mencatat prestasi dalam menangani beragam kasus gangguan jantung termasuk kelainan katup jantung.

Berikut ini berbagai fasilitas unggulan dan layanan yang ditawarkan MyCardia Eka Hospital:

Pengobatan dan tindakan aritmia
Electrophysiology study (EP Study)
Conventional ablation (2D)
HOCM septal ablation
3D Mapping ablation
Cryoablation

Pemasangan alat pacu jantung
Implantable loop recorder
Hs bundle and left bundle branch pacing
Single and dual chamber ICD, CRT-P, CRT-D
Single and dual chamber pacemaker
Leadless pacemaker

Pengobatan intervensi pembuluh darah
Catheter - directed thrombolysis
Percutaneous Transluminal Angioplasty (PTA)
Percutaneous Transluminal Venoplasty (PTV)
Transcatheter thrombectomy/embolectomy
Endovascular Laser Therapy (EVLT)
Carotid stenting

Pengobatan intervensi jantung
Primary and elective PCI atau ring jantung
Rotablator, Chronic total occlusion, OCT (Optical Coherence Tomography), FFR (Fractional Flow Reserve), OAS (Orbital Atherectomy System). 
Complex and high quality PCI, seperti Left Main, IVUS dan Bifurcatio

Bedah toraks
Open thoracotomy
Trauma pada dada
Video assisted thorascopic surgery (VATS)

Bedah jantung
Bedah katup jantung (Valve Surgery)
Bedah pada penyakit jantung bawaan
Aortic and vascular surgery
Coronary Artery Bypass Graft
Tumor jantung atau myxoma

Ada juga fasilitas dan pelayanan lain untuk pengobatan jantung dan pembuluh darah, antara lain:

  • Endocardial biopsy
  • Peripheral intervention balloon atau Stent
  • Pericardial puncture
  • Transesophageal echocardiography
  • Atrial Septal Occluder ( ASO)
  • Patent Foramen Ovale ( PFO) occluder

Sementara itu, dokter terbaik MyCardia Eka Hospital yang bisa diandalkan untuk menangani kelainan katup jantung di antaranya dr. Dedy Lizal, Sp.JP dan dr. Sanny March Novalin Silaban, Sp.JP.

Profil dr. Dedy Lizal, Sp.JP

dr. Dedy Lizal, Sp.JP mendapatkan gelar Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dari Universitas Padjadjaran. Sekarang beliau praktek di Eka Hospital Bekasi. Beberapa tindakan medis yang dikuasainya antara lain Angiografi Koroner, Cath Lab, Elektrofisiologi Jantung, Elektrokardiogram (EKG)
Kardioversi, Kateterisasi Jantung, Pemasangan Stent Jantung hingga Stress Test. Beliau sekarang juga terhimpun dalam organisasi Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI).

Profil dr. Sanny March Novalin Silaban, Sp.JP.

dr. Sanny March Novalin Silaban, Sp.JP merupakan lulusan Universitas Sumatera Utara. Sekarang beliau praktek di Eka Hospital Pekanbaru sebagai dokter jantung. Beliau juga tergabung menjadi anggota IDI (Ikatan Dokter Indonesia) dan PERKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia) Untuk layanan media yang dikuasainya antara lain Angiografi Koroner, Cath Lab, Elektrofisiologi Jantung, Elektrokardiogram (EKG)
Kardioversi, Kateterisasi Jantung, Pemasangan Stent Jantung hingga Stress Test.

  • WebMD. WebMD. https://www.webmd.com/heart-disease/guide/heart-valve-disease#1
    Diakses pada 14 November 2022
  • Healthline. https://www.healthline.com/health/heart/valve-disorders
    Diakses pada 14 November 2022
  • Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heart-valve-disease/symptoms-causes/syc-20353727
    Diakses pada 14 November 2022
  • Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17639-what-you-need-to-know-heart-valve-disease/
    Diakses pada 14 November 2022
  • CDC. https://www.cdc.gov/heartdisease/valvular_disease.htm
    Diakses pada 14 November 2022
  • Manual MSD. https://www.msdmanuals.com/professional/cardiovascular-disorders/valvular-disorders/overview-of-cardiac-valvular-disorders
    Diakses pada 14 November 2022

Dokter Terkait

dr. Dedy Lizal, Sp.JP

Jantung & Pembuluh Darah

hospital EKA Hospital Bekasi

Informasi Terkait

Primary PCI

Dokter Spesialis Jantung dan Perannya pada Penyakit Kardiovaskular

Dr. Markz Roland Mulia Pargomgom Sinurat, Sp.JP, FIHA

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

  • Aplikasi & Web SehatQ
    Buat janji melalui

    Aplikasi & Web SehatQ

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

logo