close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Buat Appointment
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

Dokter Spesialis Jantung Dan Perannya Pada Penyakit Kardiovaskular

Dokter spesialis jantung adalah dokter yang menangani masalah penyakit jantung dan pembuluh darah atau kardiovaskular. Dokter tersebut mengkhususkan diri dalam mengobati kondisi dan penyakit jantung serta membantu pasien mengelola kondisi jantung mereka sebaik mungkin. Seorang dokter ahli jantung juga dapat membantu pasien mencegah sejumlah masalah kardiovaskular.

Dokter Spesialis Jantung

Dokter spesialis jantung juga disebut sebagai kardiolog atau ahli kardiologi dengan gelar Sp. JP. Namun, perlu diketahui bahwa dokter spesialis jantung tidak sama dengan dokter bedah jantung. Dokter bedah jantung memiliki spesialisasi dalam operasi jantung, katup dan strukturnya, serta pembuluh darah vena dan arteri penting di dekatnya.

Penyakit yang Ditangani Dokter Spesialis Jantung

Dokter spesialis jantung menangani berbagai masalah atau gangguan yang terjadi pada jantung dan pembuluh darah. Penyakit-penyakit tersebut di antaranya adalah:

  • Serangan jantung, yaitu ketika aliran darah ke jantung tersumbat.
  • Penyakit arteri koroner, yaitu ketika pembuluh darah ke jantung Anda, yang dikenal sebagai arteri koroner, menyempit dan tidak lagi memberikan cukup darah ke jantung.
  • Gagal jantung, yaitu ketika jantung tidak dapat memompa darah dengan baik.
  • Gangguan irama jantung (aritmia), yaitu ketika jantung berdetak terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak teratur.
  • Penyakit katup jantung, yaitu ketika katup jantung tidak membuka atau menutup dengan benar.
  • Angina, yaitu penyempitan arteri yang membatasi aliran darah dan menyebabkan nyeri dada, lengan, leher, perut atau rahang.
  • Endokarditis, yaitu peradangan yang mengancam jiwa pada lapisan jantung yang disebut endokardium.

Tindakan yang Dilakukan Dokter Spesialis Jantung

Dalam melakukan diagnosis pada pasien, dokter spesialis jantung akan meninjau riwayat kesehatan pasien. Setelah itu, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, termasuk memeriksa tekanan darah, berat badan, jantung, paru-paru, dan pembuluh darah.

Untuk mendukung diagnosisnya, dokter spesialis jantung akan menyarankan pasien untuk melakukan tes tambahan, di antaranya adalah:

  • Elektrokardiogram (EKG) atau tes singkat untuk memantau aktivitas listrik di jantung. Tes ini untuk memeriksa detak jantung yang tidak teratur atau gangguan jantung lainnya.
  • Echocardiogram atau USG jantung untuk mengevaluasi katup jantung dan otot jantung.
  • Rontgen dada untuk membantu dokter menentukan penyebab sesak napas atau nyeri dada.
  • Stress test atau tes untuk memantau reaksi tubuh Anda terhadap stres saat detak jantung Anda meningkat. Anda akan diminta melakukan aktivitas berat, seperti mengendarai sepeda stasioner, berjalan atau berlari di atas treadmill selama beberapa menit.
  • CT scan untuk menangkap gambar jantung yang dibuat dengan beberapa gambar sinar-X. Dokter dapat menggunakan berbagai jenis CT scan untuk mendiagnosis penyakit jantung.
  • MRI jantung untuk menangkap gambar jantung yang dibuat dengan gelombang radio elektromagnetik untuk mendiagnosis berbagai kondisi jantung, seperti penyakit otot jantung atau penyakit arteri koroner.

Selain tes di atas, dokter spesialis jantung juga dapat melakukan beberapa tindakan medis untuk melengkapi diagnosisnya, di antaranya:

  • Kateterisasi jantung: pemeriksaan dengan memasukkan selang panjang atau kateter ke dalam pembuluh darah menuju jantung untuk melihat masalah pembuluh darah dan kelainan jantung.
  • Angiografi: pemeriksaan arteri koroner untuk mencari arteri yang menyempit atau tersumbat menggunakan zat pewarna khusus yang disuntikkan ke pembuluh darah.
  • Elektrofisiologi: pemeriksaan menggunakan sinyal listrik ke jantung untuk memeriksa irama jantung yang tidak normal.

Setelah mendiagnosis pasien, dokter spesialis jantung akan melakukan prosedur penanganan penyakit jantung pasien. Dokter dapat memberikan obat-obatan atau merekomendasikan perubahan gaya hidup. 

Kapan Harus Berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Jantung?

Waktu yang tepat untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis jantung adalah ketika Anda merasakan gejala penyakit jantung. Penyakit jantung adalah penyakit mematikan sehingga Anda harus segera menemui dokter jika mengalami gejalanya.

Diagnosis dan pengobatan dini dapat menurunkan risiko komplikasi penyakit jantung, seperti stroke atau bahkan kematian.

Gejala penyakit jantung di antaranya:

  • Nyeri dada
  • Nyeri atau ketidaknyamanan yang menyebar ke bahu, leher, lengan kiri, atau rahang
  • Nyeri dada yang menjadi lebih intens atau tidak hilang dengan beristirahat
  • Nyeri dada dikombinasikan dengan berkeringat, rasa dingin, kulit lembab, pucat, sesak napas, mual atau muntah, pusing atau pingsan, kelelahan tanpa sebab, denyut nadi yang cepat atau tidak teratur
  • Suara serak karena tekanan pada pita suara
  • Sulit menelan
  • Kecemasan
  • Tekanan darah rendah

Meskipun tidak bergejala, jangan tunda menemui dokter spesialis jantung jika Anda memiliki faktor risiko penyakit jantung. Faktor risiko tersebut di antaranya adalah ada anggota keluarga yang mengalami masalah jantung, Anda memiliki kolesterol tinggi, tekanan darah Anda tinggi, obesitas, perokok, atau menderita diabetes.

Wanita yang mengalami preeklamsia juga berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung selama kehamilan atau pasca-menopause. Oleh karena itu, segera periksakan diri Anda untuk mengetahui kesehatan jantung Anda.

Selain itu, bagi Anda yang berusia di atas 40 tahun dan ingin memulai berolahraga, ada baiknya Anda juga berkonsultasi dengan dokter spesialis jantung terlebih dulu. Dokter akan memeriksa kesehatan jantung Anda dan merekomendasikan olahraga yang baik untuk jantung Anda.

Dokter Spesialis Jantung di Mycardia Eka Hospital

Anda bisa menemukan dokter spesialis jantung terbaik di pusat layanan Mycardia Eka Hospital. Pusat Aritmia dan Kelistrikan Jantung Mycardia terdapat di seluruh jaringan Eka Hospital seperti di BSD City, Cibubur, Bekasi dan Pekanbaru. MYcardia didukung oleh tim dokter profesional yang berkompetensi di antaranya:

1. DR. dr. M. Yamin, Sp.JP(K), FACC, FSCAI

DR. dr. M. Yamin, Sp.JP(K), FACC, FSCAI merupakan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Konsultan Intervensi di Eka Hospital BSD. Beliau lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Syah Kuala, Aceh, Indonesia. Kemudian melanjutkan pendidikannya sebagai dokter spesialis di Universitas Indonesia. Lanjut lagi pendidikan untuk gelar Ph.D in Cardiac Pacing and Resynchroniza on Therapy di Universitas Indonesia.

Dr. M. Yamin mempunyai keahlian melakukan pemasangan alat pacu jantung (pacemaker), Kateterisasi jantung (pemasangan ring jantung di pembuluh darah jantung) dengan teknologi IVUS. Beliau sangat berpengalaman menangani pasien penderita jantung koroner. Dr. M. Yamin juga pernah menjadi konsultan dokter jantung Kepresidenan RI.

2. dr. Celly Anantaria Atmadikoesoe Sp.JP (K), FIHA, FAsCC, MMedEd

dr. Celly Anantaria Atmadikoesoe Sp.JP (K), FIHA, FAsCC, MMedEd menjadi Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah di Eka Hospital BSD dan Eka Hospital Cibubur. Beliau menangani berbagai masalah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah atau kardiovaskular. Sebagai ahli jantung, dr. Celly melakukan tindakan pengobatan dan juga pencegahan terhadap berbagai penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular.

Keahlian dr. Celly dalam melakukan diagnosis penyakit jantung dengan tindakan medis CT Scan Jantung dan MRI (Magnetic Resonance Imaging). Dengan tindakan diagnosis seperti di atas, beliau bisa menemukan penyebab penyakit jantung dan pembuluh darah yang diderita pasien. 

3. dr. Ignatius Yansen Ng, Sp.JP (K), FIHA

dr. Ignatius Yansen NG., Sp.JP (K), FIHA adalah dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah serta Konsultan Kardiologi Intervensi dan Konsultan Aritmia Elektrofisiologi di Rumah Sakit Eka Hospital BSD. Beliau menempuh pendidikan kedokteran umum dan spesialisasinya sebagai Cardiologist di Universitas Indonesia. Pengalamannya mengikuti berbagai program dan fellowship juga sangat banyak baik nasional maupun internasional.

dr. Yansen sebagai ahli aritmia jantung, dia sudah sangat berpengalaman menangani lebih dari 250 kasus ablasi jantung aritmia dalam setahun. Beliau juga menjadi Proctor untuk pemasangan pacu jantung permanen di Indonesia.

4. dr. Daniel Tanubudi, Sp.JP, (K)

dr. Daniel Tanubudi, Sp.JP, FIHA merupakan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah di Eka Hospital BSD. Beliau menempuh Pendidikan Kedokteran di Universitas Padjadjaran. Kemudian melanjutkan pendidikan sebagai Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah di Universitas Indonesia.

dr. Daniel Tanubudi termasuk di dalam tim bengkel jantung untuk menyembuhkan aritmia di Eka Hospital. Bengkel jantung merupakan pusat penanganan aritmia yang cepat dengan fasilitas pemeriksaan listrik jantung dan tindakan kateter ablasi. Setidaknya ada 100 tindakan ablasi jantung setiap tahunnya.

5. dr. Haryadi, Sp.JP (K), FIHA

dr. Haryadi, Sp.JP (K) EP, FIHA adalah Dokter Spesialis Jantung di Eka Hospital Pekanbaru. Beliau satu-satunya dokter konsultan aritmia di Riau. Untuk gelar dokter umum, beliau adalah alumni Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang. Kemudian melanjutkan pendidikan sebagai dokter spesialis Jantung di Universitas Indonesia. Di kampus yang sama, beliau juga menekuni bidang Electrophysiology.

dr. Haryadi berpengalaman menangani aritmia jantung. Dalam pengobatannya, beliau memiliki kompetensi dalam pemasangan pacemaker, pemasangan alat pacu jantung permanen hingga melakukan service pacemaker untuk memastikan alatnya berjalan sesuai fungsi.

6. dr. Simon Salim, Sp.PD - KKV, Mkes, AIFO, FINASIM, FACP, FICA

Dr. Simon Salim, Sp.PD - KKV, Mkes, AIFO, FINASIM, FACP, FICA merupakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Konsultan Kardiovaskular. Beliau merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia sekaligus melanjutkan pendidikan spesialis penyakit dalam di sana.

dr. Simon Salim memiliki keahlian dalam pemasangan ring jantung (stent) dan alat pacu jantung permanen. Beliau juga berpengalaman menangani rehabilitasi post operasi jantung.


Anda bisa berkonsultasi secara langsung atau melakukan booking online melalui aplikasi kesehatan SehatQ. Unduh aplikasi SehatQ di Google Store atau Apple Store sekarang.
 

  • Cardio Smart https://www.cardiosmart.org/topics/manage-your-care/what-is-a-cardiologist
    Diakses pada 19 Oktober 2022
  • Healthcare https://healthcare.utah.edu/cardiovascular/when-to-see-cardiologist.php
    Diakses pada 19 Oktober 2022
  • UCLA Health https://www.uclahealth.org/medical-services/heart?id=25&iirf_redirect=1
    Diakses pada 19 Oktober 2022
  • Healthline https://www.healthline.com/health/heart-disease/tests-diagnosis
    Diakses pada 19 Oktober 2022
  • WEB MD https://www.webmd.com/a-to-z-guides/what-is-a-cardiac-surgeon
    Diakses pada 19 Oktober 2022

Dokter Terkait

dr. Taofan, Sp.JP (K), FIHA, FICA, FAsCC, FSCAI

Kardiologi Intervensi

hospital EKA Hospital Cibubur

dr. Dedy Lizal, Sp.JP

Jantung & Pembuluh Darah

hospital EKA Hospital Bekasi

dr. Ika Komar Dhanudibroto, Sp.JP (K)

Kardiologi Intervensi

hospital EKA Hospital Bekasi

Informasi Terkait

Penyebab Dada Sebelah Kiri Sakit Selain Serangan Jantung

Dr. Muhammad Hatta, Sp.JP (K), FIHA

Mengenal Ablasi Jantung, Prosedur Medis untuk Mengobati Aritmia

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

  • Aplikasi & Web SehatQ
    Buat janji melalui

    Aplikasi & Web SehatQ

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

logo