close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Buat Appointment
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

Kapan Kita Harus Mengecek Kesehatan?

Kesehatan itu mahal harganya, akan tetapi Anda dapat memotong biaya tersebut dengan cara tetap menjaga kesehatan Anda dan mencegah terjadinya penyakit.  
Salah satu pencegahan dengan cara Mengecek Kesehatan atau Medical Check up secara rutin. Pengecekan kesehatan adalah serangkaian pemeriksaan pada pasien yang berguna untuk mengetahui keadaan kesehatan pasien secara menyeluruh serta mendeteksi suatu penyakit secara dini.

Mengapa Harus Melakukan Pengecekan Kesehatan?
Menurut data dari Center for Disease Control and Prevention tahun 2018, 3 penyebab kematian tertinggi di Indonesia yaitu:
1.Stroke
2.Jantung Koroner
3.Diabetes
Ironisnya 3 penyebab tersebut disebabkan oleh penyakit yang bisa dihindari dan dikontrol. Yang lebih parah lagi indikasi awal terjadinya 3 penyebab kematian tersebut tidak dapat dirasakan oleh penderitanya. Diperlukan alat khusus untuk mendeteksi 3 penyakit tersebut.

Menurut dr. Ignatius Yansen NG, Sp.JP, FIHA seorang dokter spesialis jantung menyatakan stroke dan jantung coroner dapat di deteksi dini dengan menggunakan Elektrokardiogram, Tes Treadmill dan CT coroner.

dr. Jimmy Tandradynata, Sp.PD seorang dokter spesialis penyakit dalam juga memberikan pendapat yang sama dengan dokter Yansen. Dokter Jimmy menyatakan bahwa penyakit diabetes dapat juga di deteksi dengan menggunakan pengecekan gula darah puasa, gula darah sewaktu, HbA1c dan OGTT.
Alat dan teknik deteksi dini tersebut umumnya dilakukan bila kita melakukan pengecekan di rumah sakit.
 
Lalu, Kapan Harus Melakukan Pengecekan Kesehatan?

Pengecekan kesehatan utamanya ditujukan bagi orang yang ingin menjaga kesehatannya dan mengetahui kondisi tubuhnya saat ini. Saat kita ingin beralih ke pola hidup yang lebih sehat, pengecekan kesehatan merupakan hal yang utama dilakukan sebelum memulai perubahan agar dapat mengetahui dan merencanakan kebiasaan baik yang baru. Dengan kata lain pengecekan kesehatan tidak dibatasi umur atau kondisi namun pola pikir.
Namun perlu digaris bawahi bahwa beberapa orang harus melakukan pengecekan kesehatan segera adalah orang-orang yang memiliki riwayat penyakit atau riwayat keluarga yang memiliki kondisi tertentu seperti kelainan jantung, diabetes dan lainnya.

Seberapa Rutin Kita Harus Melakukan Pengecekan Kesehatan?
Pengecekan kesehatan di rekomendasikan untuk dilakukan setahun sekali. Namun beberapa kondisi membuat pengecekan kesehatan lebih intensif, semua ditentukan oleh dokter kesayangan Anda.
Untuk mengetahui lebih lanjut pengecekan kesehatan di Eka Hospital klik link disini


Sumber:
Dr. Kevin Leonardo – Dokter Umum dari Eka Hospital BSD

 

Informasi Terkait

Tips Menghadapi Kabut Asap

Minum Kopi Bagus ga sih, Dok?

Tips Jangan Sampai Kena Diabetes

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

  • Aplikasi & Web SehatQ
    Buat janji melalui

    Aplikasi & Web SehatQ

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

logo