close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Buat Appointment
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

Jus Atau Buah Potong?

Berdasarkan gizi dan vitamin yang terkandung di dalamnya, apa perbedaan terbesar antara buah yang di jus dan di potong?

jus yang dibuat dengan ekstraktor (blender atau juicer) akan menghasilkan air buah murni tanpa serat. Berbeda dengan buah segar yang selain mengandung vitamin, juga kaya akan serat. Namun, kandungan vitamin dan mineral pada jus buah umumnya dapat lebih besar diperoleh, karena menggunakan buah utuh yang lebih banyak.

Bagaimana dengan anak-anak yang lebih mudah mengonsumsi jus dibanding dengan menyantap buah potong?

Karena jus buah lebih mudah dicerna dan cepat diserap, maka kandungan  vitamin, mineral dan energi pun lebih mudah didapat, namun kebutuhan serat tidak diperoleh dari jus buah tersebut. Oleh karena itu anak- anak sebaiknya diarahkan untuk belajar mengonsumsi buah potong juga. Untuk menarik hati anak, potong buah menjadi bentuk yang menarik dan berwarna- warni dengan memadukan beberapa jenis buah sekaligus. Cara penyajian misalkan berupa sate buah serta kombinasi dengan aneka dressing yogurt, susu rendah lemak atau keju.

Apakah buah- buahan potong yang tidak langsung dikonsumsi bisa kehilangan kandungan vitaminnya?

Betul, vitamin akan mudah berkurang khasiatnya serta menurun jumlah kandungannya jika bersentuhan langsung dengan udara dan sinar, baik lampu atau sinar matahari. Jadi sebaiknya buah potong segera dikonsumsi untuk memperoleh manfaat secara maksimal.

Pada masa peralihan cuaca, buah apa saja yang dapat berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh?

Jeruk, stoberi, pepaya, jambu merah, kiwi dan plum sangat baik dikonsumsi pada masa peralihan karena kandungan vitamin C- nya cukup tinggi untuk meningkatkan ketahanan tubuh. Kombinasikan minimal 3 macam buah beraneka ragam setiap hari, sehingga akan diperoleh kombinasi vitamin yang saling menlengkapi dan mengandung variasi antioksidan yang menyehatkan kulit, mencegah penuaan dini, dan mencegah penyakit degeneratif lainnya seperti kanker, penyakit jantung korener dan rematik.

Bagaimana cara terbaik mengonsumsi buah setiap hari?

Bagi orang yang tidak memiliki masalah pencernaan, tentunya buah potong lebih bermanfaat karena kandungan serat, vitamin, dan antioksidan yang terdapat pada kulit buah, bisa diperoleh secara maksimal. Namun, bagi yang mengalami gangguan lambung dan gangguan saluran cerna lainnya, mengonsumsi jus buah akan membantu saluran cerna agar tidak perlu bekerja keras, sehingga zat gizi pun lebih cepat terserap.

Informasi Terkait

Kapan Kita Harus Mengecek Kesehatan?

Tips Jangan Sampai Kena Diabetes

10 Langkah Klinik Laktasi Demi Keberhasilan Menyusui

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

  • Aplikasi & Web SehatQ
    Buat janji melalui

    Aplikasi & Web SehatQ

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

logo