close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Buat Appointment
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

Perpaduan Endoskopi Dan Ultrasonografi Guna Permudah Diagnosis Penyakit Dalam

Endoscopic ultrasound (EUS) merupakan prosedur tindakan diagnostik yang aman dan minimal invasif yang digunakan untuk menggambarkan lebih detail lapisan dan dinding saluran sistem pencernaan. Tindakan ini sangat membantu meningkatkan keakuratan dalam melakukan evaluasi dan diagnostik terkait masalah di sistem pencernaan.

Endoskopi

Hasil visualisasi organ yang lebih terperinci, serta mengatasi masalah teknis dan psikis seperti kesulitan menahan nafas terutama pada pasien lanjut usia serta tidak adanya risiko paparan radiasi merupakan beberapa unggulan saat melakukan tindakan EUS, maka dari itu Eka Hospital Group melalui DIVINE, Pusat Kesehatan Saluran Pencernaan Eka Hospital yang dipimpin oleh Prof. DR. dr. H. Murdani Abdullah, FACG, Sp.PD, KGEH menggunakan prosedur EUS guna mempermudah mendiagnosis pasien bahkan berguna dalam terapi, misalnya drainase bilier dan drainase kista pankreas. 

Dalam kasus drainase bilier, metode yang dilakukan adalah operasi bypass, dimana pemasangan cincin/ stent bertujuan untuk menjaga aliran empedu dan mengembalikan penyaluran cairan empedu dengan melebarkan saluran empedu yang menyempit akibat kanker. Selain itu pada kasus drainase kista pankreas, EUS digunakan untuk menyedot cairan di dalam benjolan (kista) pada pankreas. Keuntungannya pasien tidak perlu melakukan proses pembedahan besar untuk mengeluarkan cairan tersebut pada pankreas, sehingga penggunaan EUS menjadi minimal invasive, lebih cepat serta aman bagi pasien juga dokter.

Selain untuk memvisualisasikan sistem pencernaan, dengan gelombang suara frekuensi tinggi prosedur EUS akan menghasilkan gambar rinci dari saluran pencernaan dan organ dan jaringan di sekitarnya seperti paru-paru, kelenjar getah bening di tengah dada, hati, kantong empedu, saluran empedu, dan pankreas.

Prof. DR. dr. H. Murdani Abdullah, FACG, Sp.PD, KGEH mengatakan dalam prosedur tindakan EUS membutuhkan tingkat keterampilan dan keahlian yang tinggi. Dokter yang dapat melakukan prosedur ini biasanya sangat berpengalaman bahkan hanya sedikit dokter spesialis yang terlatih dalam teknik canggih ini. “Prosedur EUS membutuhkan pelatihan sub-spesialisasi dalam teknik endoskopi lanjut dan peralatan endoskopi canggih. Hanya spesialis yang telah menjalani pelatihan dalam EUS yang dapat menafsirkan gambar USG”, ujar dokter yang berpraktik di Eka Hospital BSD ini.

Dalam menjalani prosedur EUS pasien harus menjalani beberapa persiapan, untuk EUS saluran cerna atas (mulut) pasien diwajibkan mengikuti anjuran dokter, biasanya sekitar 6 jam sebelum tes. Nah, untuk saluran cerna bawah (anus) pasien akan meminum cairan laksatif atau pembersih usus besar, menjalani diet khusus, atau mengonsumsi obat pencahar sebelum prosedur.

Proses tindakan EUS sendiri dengan menggunakan sebuah tabung endoskopi yang memiliki jarum kecil guna mengambil sampel cairan atau jaringan (biopsi) untuk pemeriksaan di laboratorium. Prosedur ini disebut EUS-guided fine-needle aspiration atau EUS-guided fine-needle biopsy, selain itu dapat digunakan untuk mengalirkan cairan dari lesi atau menyuntikkan obat di tempat tertentu.

Bila Anda juga keluarga membutuhkan tindakan EUS silahkan hubungi Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastroenterologi dan Hepatologi untuk mendapatkan pemeriksaan lanjutan.

Anda bisa kunjungi Eka Hospital yang tersebar di beberapa daerah seperti BSD City, Cibubur, Bekasi dan Pekanbaru. Jika Anda membutuhkan konsultasi mengenai prosedur kapsul endoskopi di Eka Hospital bisa buat janji melalui layanan WhatsApp Eka Hospital 0-8888-90-5555 atau lewat aplikasi kesehatan SehatQ. Caranya dengan download aplikasi SehatQ di Google Store atau Apple Store.

Informasi Terkait

Mengenal Kapsul Endoskopi: Manfaat, Efek Samping dan Prosedur

Fungsi dan Prosedur Melakukan Endoskopi Lambung

Endoskopi Ultrasound (EUS) Sebagai Prosedur Invasif Minimal Mengevaluasi Penyakit di Rongga Perut dan Dada

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

  • Aplikasi & Web SehatQ
    Buat janji melalui

    Aplikasi & Web SehatQ

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

logo