close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Buat Appointment
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

Apa Itu Prosedur Percutaneous Endoscopic Gastrostomy (PEG) Atau Gastrostomi Endoskopi Perkutan?

Percutaneous endoscopic gastrostomy (PEG) atau gastrostomi endoskopi perkutan adalah sebuah prosedur aman yang digunakan untuk memberikan asupan makanan, cairan, hingga obat-obatan kepada pasien yang mengalami gangguan fungsi sistem pencernaan atau kesulitan menelan.

Gastrostomi Endoskopi Perkutan?

Prosedur PEG sendiri diketahui sebagai prosedur yang paling aman serta paling efektif untuk menjaga kebutuhan nutrisi pasien terpenuhi. Cara ini lebih aman dari teknik bedah, karena prosedurnya yang dilakukan dengan menempatkan sebuah tabung fleksibel ringan (endoskop) melalui dinding perut dan masuk ke dalam perut.

Mengapa Prosedur Percutaneous Endoscopic Gastrostomy (PEG) Atau Gastrostomi Endoskopi Perkutan Perlu Dilakukan?

Ada dua hal yang mengindikasikan bahwa seseorang membutuhkan prosedur tabung PEG, yaitu:

  • Membutuhkan akses nutrisi akibat gangguan saluran pencernaan
  • Dekompresi usus

Pasien dengan kondisi di atas biasanya dapat terjadi akibat telah mengalami sebuah/komplikasi gangguan neurologi seperti stroke, cerebral palsy, cedera otak, dan gangguan menelan.

Proses pemasangan tabung PEG juga tidak membutuhkan waktu yang lama, biasanya dokter membutuhkan 30-45 menit untuk memasang tabung pada tubuh pasien. Dan setelah dipasangkan, dokter juga akan memberikan instruksi untuk merawat tabung serta mencegah adanya infeksi pada area penempatan tabung.

Namun tidak perlu khawatir! Jika Anda mengikuti instruksi dari dokter dan menjaga tubuh tetap fit, maka pemasangan PEG ini tidak akan membahayakan kesehatan diri Anda.

Tindakan medis dengan teknik ini bisa Anda temui di salah satu rumah sakit di Indonesia yakni Eka Hospital.

Eka Hospital bahkan memiliki pusat kesehatan saluran pencernaan yang diberi nama Divine (Advanced Endoscopy Center). Pusat kesehatan ini dipimpin oleh Prof.DR.dr.H. Murdani Abdullah, FACG,Sp.PD,KGEH yang merupakan ahli pencernaan dan endoskopi yang telah menerima banyak penghargaan dari dalam hingga luar negeri.

Divine sendiri dilengkapi dengan teknologi kapsul endoskopi hingga endoskopi tingkat lanjut yang canggih. Tentunya ditunjang dengan dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterologi-hepatologi yang berpengalam dalam menangani penyakit-penyakit saluran pencernaan mulai dari GERD, radang lambung, radang usus besar hingga batu saluran empedu.

Teknik endoskopi juga bisa digunakan untuk pemeriksaan awal kanker pada saluran pencernaan, pengangkatan tumor kecil tanpa operasi dan pengangkatan batu saluran empedu tanpa operasi.

Anda bisa kunjungi Eka Hospital yang tersebar di beberapa daerah seperti BSD City, Cibubur, Bekasi dan Pekanbaru.

Jika Anda membutuhkan konsultasi mengenai prosedur kapsul endoskopi di Eka Hospital bisa buat janji melalui layanan WhatsApp Eka Hospital 0-8888-90-5555 atau lewat aplikasi kesehatan SehatQ. Caranya dengan download aplikasi SehatQ di Google Store atau Apple Store.

Informasi Terkait

Perpaduan Endoskopi dan Ultrasonografi Guna Permudah Diagnosis Penyakit Dalam

Fungsi dan Prosedur Melakukan Endoskopi Lambung

Endoskopi Ultrasound (EUS) Sebagai Prosedur Invasif Minimal Mengevaluasi Penyakit di Rongga Perut dan Dada

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

  • Aplikasi & Web SehatQ
    Buat janji melalui

    Aplikasi & Web SehatQ

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

logo