close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Buat Appointment
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

Penyebab Jantung Bocor Pada Anak Dan Cara Mengatasinya

Anak-anak yang lahir di dunia bisa saja memiliki kondisi penyakit jantung bawaan dan bisa bervariasi, salah satunya adalah jantung yang bocor.

Lahir dengan kondisi penyakit jantung bawaan bisa saja gejalanya baru muncul di kemudian hari dan kondisi ini salah satunya disebabkan oleh Mitral Valve Prolapse (MVP).

Mitral Valve Prolapse adalah kondisi jantung yang umum terjadi disebabkan adanya masalah dengan cara kerja salah satu katup jantung. Sementara katup jantung memiliki tugas menjaga darah tetap berada pada bilik dan serambi jantung, serta mengalir melalui jantung.

jantung bocor pada anak

Kondisi yang melibatkan jantung ini bisa tidak menjadi masalah yang serius pasalnya, ada juga anak dengan kelainan jantung bawaan yang terlihat normal dan tidak membiru atau disebut asianotik.

Apa yang terjadi pada Mitral Valve Prolapse?

Katup mitral (MY-trul) yang memisahkan atrium kiri dengan ventrikel kiri. Mereka memiliki tugas untuk  memastikan bahwa darah mengalir dalam satu arah pada saat kontraksi jantung pertama yakni mengalir dari atrium kiri ke ventrikel kiri.

Setiap kali jantung berdetak kedua kali, ventrikel kiri memompa darah ke seluruh tubuh. Katup mitral sendiri memiliki dua lipatan (atau selebaran) jaringan yang berayun menutup untuk mencegah darah di ventrikel mengalir mundur ke atrium kiri.

Pada MVP, satu atau kedua flap menonjol kembali ke atrium saat menutup, sedikit seperti balon. Ini mungkin terjadi karena flap memiliki bentuk yang tidak biasa atau sedikit lebih besar.

Apa tanda dan gejala Mitral Valve Prolapse?

MVP biasanya tidak menimbulkan gejala atau memengaruhi kehidupan sehari-hari. Banyak kasus tidak ditemukan sampai anak beranjak dewasa. Anak-anak yang mendapatkan gejala mungkin:

  • Pusing
  • Menjadi sangat lelah
  • Sesak napas atau kesulitan napas setelah sangat aktif
  • Merasa jantungnya melompat-lompat atau berdetak lebih cepat
  • Nyeri dada yang datang dan pergi

Apa penyebab Mitral Valve Prolapse?

Pada kebanyakan kasus, penyebab MVP tidak diketahui. Terkadang anak-anak terlahir dengan kondisi seperti itu. Sementara yang lain mengembangkannya setelah kondisi peradangan seperti:

  • Endokarditis: peradangan pada lapisan dalam jantung
  • Demam rematik: peradangan yang dapat mempengaruhi persendian dan jantung.

MVP terkadang terjadi dengan kondisi kesehatan yang melibatkan jaringan ikat tubuh (jaringan yang menopang organ dan jaringan lain) seperti Marfan syndrome dan Ehlers-Danlos syndrome.

Beberapa anak juga mungkin mengalami aritmia atau detak jantung tidak teratur.

Diagnosis Mitral Valve Prolapse

Terkadang penutupan katup mitral mengeluarkan suara saat menutup, seperti saat menjentikkan jari yang disebut 'klik'.

Seorang dokter mungkin mendengar suara ini ketika mendengarkan jantung dengan stetoskop dan menemukan kondisinya seperti itu.

Jika flap tidak menutup secara merata atau tidak menyatu dengan baik, darah dapat bocor kembali ke atrium kiri. Ini disebut regurgitasi mitral. 

Ketika ada lebih dari sedikit kebocoran ("katup bocor"), dokter mungkin mendengar suara mendesing saat beberapa darah bergerak mundur ke atrium kiri. 

Ini adalah murmur jantung, dan terdengar di antara suara detak jantung yang normal. 

Ketika bunyi klik dan murmur terdengar bersamaan, klik terjadi lebih dulu (saat flap menutup dan jatuh kembali), diikuti oleh murmur (suara darah bocor kembali ke atrium).

Pada anak-anak, dokter mungkin menemukan MVP selama pemeriksaan rutin. Saat mendengarkan jantung dengan stetoskop, dokter mungkin mendengar bunyi klik atau murmur. 

Jika demikian, dokter akan mengirim anak ke ahli jantung anak, dokter yang mendiagnosis dan merawat kondisi jantung pada anak.

Ahli jantung akan melakukan pemeriksaan, mendengarkan jantung, dan mungkin memesan tes seperti:

  • Ekokardiogram (gema), yang menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar jantung dan aliran darahnya. Jika seorang anak mengalami MVP, flap katup yang menonjol biasanya terlihat saat jantung berdetak.
  • Elektrokardiogram (EKG), yang merekam aktivitas listrik jantung.

Pengobatan Mitral Valve Prolapse

Jantung bocor pada anak tidak memerlukan perawatan medis. Jika kondisi ini menyebabkan banyak regurgitasi mitral, dokter mungkin meresepkan obat tekanan darah untuk mengontrol seberapa keras kerja otot jantung. (Dengan darah bocor kembali ke atrium, jantung bekerja lebih keras untuk memompa jumlah normal darah keluar ke tubuh.)

Seorang anak yang memiliki aritmia bersama dengan prolaps katup mitral mungkin perlu minum obat untuk membantu mengatur ritme jantung. Tapi ini jarang terjadi pada anak-anak.

Kebocoran dari prolaps katup mitral dapat berlangsung selama bertahun-tahun. Jarang, seorang anak mungkin memerlukan pembedahan untuk memperbaiki katup mitral yang sangat bocor. 

Di kemudian hari, seseorang mungkin memerlukan perbaikan atau penggantian katup mitral jika:

  • Gejala mereka menjadi lebih buruk.
  • Ventrikel kiri membesar.
  • Kondisi ini memengaruhi seberapa baik jantung bekerja

Mencegah Infeksi Jantung

Anak-anak yang mengalami MVP dan katup bocor memiliki risiko terkena infeksi bakteri pada katup jantung (endokarditis infektif). 

Ini sangat jarang terjadi selama masa kanak-kanak. Banyak kali bakteri yang menyebabkan infeksi semacam ini mulai hidup di mulut dan memasuki aliran darah melalui gusi.

Dokter biasanya merekomendasikan agar orang dengan prolaps katup mitral minum antibiotik sebelum perawatan gigi dan prosedur bedah sebagai tindakan pencegahan.

Sebaliknya, anak-anak harus fokus pada perawatan mulut yang baik dan:

  • Sikat gigi dua kali sehari, pagi dan malam (setelah makan).
  • Floss setiap malam.
  • Temui dokter gigi mereka setiap 6 bulan.

Informasi Terkait

Prof. DR. Dr. Sukman T. Putra, Sp.A (K), FACC, FESC (Konsultan Jantung Anak)

Penyebab Detak Jantung Anak Cepat dan Cara Mengatasinya

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

  • Aplikasi & Web SehatQ
    Buat janji melalui

    Aplikasi & Web SehatQ

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

logo