close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Buat Appointment
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

Penyebab Detak Jantung Anak Cepat Dan Cara Mengatasinya

Detak jantung dikendalikan oleh sumber listrik yang ada di dalam organ ini. Sel khusus yang disebut alat pacu jantung melepaskan semburan energi listrik yang kemudian berjalan melalui otot jantung.

Hal ini menyebabkannya berkontraksi. Maka jika otot berkontraksi, darah berhasil dipompa melalui jantung.

Namun, ada kasus anak-anak mengalami detak jantung yang cepat dan ada beberapa alasan dan kondisi medis yang menyebabkan hal ini terjadi.

Diketahui, kondisi ini disebut takikardia. Takikardia terjadi jika detak jantung dalam kondisi istirahat namun melebihi 100 kali per menit.

Takikardia sendiri ada tiga jenisnya yang antara lain adalah:

  • Takikardia supraventrikular: Terjadi ketika sumber pacu jantung di ruang atas jantung tidak berfungsi dengan baik dan melancarkan sinyal listrik dengan irama yang sangat cepat lebih dari 150 kali per menit  dan menyebabkan detak jantung lebih cepat. Jantung berdetak sangat cepat sehingga tidak bisa terisi darah sebelum berkontraksi. Kondisi itu sehingga dapat mengurangi aliran darah ke tubuh.
  • Takikardi ventrikel: detak jantung cepat yang dimulai di ruang bawah jantung manusia. Hal ini terjadi ketika sinyal listrik di ruang bawah jantung menyala dengan cara yang salah tidak mengikuti irama sinyal yang diberikan oleh pacu jantung di ruang atas jantung . Sekali lagi, jantung berdetak sangat cepat sehingga tidak dapat mengisi darah atau memompanya ke seluruh tubuh.
  • Takikardia sinus: hal ini terjadi ketika alat pacu jantung alami mengirimkan sinyal listrik lebih cepat dari biasanya. Jantung berdetak cepat, tetapi berdetak sebagaimana mestinya.

Penyebab Detak Jantung Anak Cepat

Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal seperti olahraga terlalu berat, demam, ketakutan, stres, kecemasan, obat-obatan tertentu yang dapat menyebabkan takikardia sinus.

Kondisi ini juga dapat dipicu oleh anemia, tiroid yang terlalu aktif atau kerusakan akibat serangan jantung atau gagal jantung.

detak jantung anak cepat

Takikardia supraventrikular paling memengaruhi orang yang merokok, terlalu banyak minum alkohol dan kafein.

Dalam beberapa kasus itu terkait dengan serangan jantung. Hal ini lebih sering terjadi pada wanita dan anak-anak.

Untuk Takikardia ventrikel dikaitkan dengan jalur listrik abnormal yang hadir saat lahir (panjang QT), masalah struktural jantung seperti kardiomiopati atau penyakit koroner, obat-obatan, atau ketidakseimbangan elektrolit. Bahkan terkadang alasannya tidak jelas.

Gejala Detak Jantung Cepat Anak

Apa pun jenis Takirkadia yang dialami oleh anak, mungkin merasa:

  • Pusing
  • Sesak napas
  • Sakit dada
  • Palpitasi jantung

Dalam kasus ekstrem, anak bisa menjadi tidak sadar atau bahkan mengalami serangan jantung. Namun terkadang, detak jantung yang sangat cepat tidak menimbulkan gejala sama sekali.

Penanganan detak jantung cepat anak yang tepat

Detak jantung cepat yang terjadi bukan karena penyakit, pada umumnya tidak membutuhkan pengobatan karena nantinya akan membaik dengan sendirinya.

Namun, jika disebabkan oleh kondisi medis tertentu, penanganannya akan disesuaikan dengan faktor penyebabnya.

Penanganan yang dilakukan bertujuan untuk memperlambat detak jantung cepat hingga kembali ke dalam batas normal, mencegah detak jantung cepat kembali terulang, mengurangi risiko komplikasi, serta mengobati penyakit mendasar yang dapat menyebabkan Takikardia.

Penanganan medis Takikardia oleh dokter antara lain:

  • Manuver Vagal; melakukan gerakan seperti batuk, mengejan seperti hendak buang air besar, serta meletakkan es di wajah untuk memengaruhi saraf vagus yang mengatur detak jantung.
  • Prosedur kardioversi; penanganan menggunakan alat kejut listrik pada jantung untuk memperbaiki impuls listrik jantung. Prosedur ini dilakukan pada kondisi gawat darurat dan obat tidak berhasil menyembuhkan.
  • Alat pacu jantung.
  • Ablasi kateter.
  • Implan kardioverter; jika anak berisiko mengalami Takikardi yang mengancam, maka dalam prosedur ini sebuah alat ditanamkan di dada untuk memantau detak jantung, mendeteksi peningkatan detak jantung, dan memberikan kejutan listrik jika diperlukan.
  • Bedah jantung; dilakukan hanya jika pengobatan lain tidak berhasil atau diperlukan untuk mengobati gangguan jantung lainnya.

Obat-Obatan

Ada beberapa obat-obatan yang bisa menormalkan detak jantung cepat pada anak dan biasanya diberikan oleh dokter antara lain:

  • Obat pengencer darah: untuk membantu menurunkan risiko terjadinya penggumpalan darah
  • Penghambat saluran kalsium dan beta: berfungsi untuk mencegah detak jantung cepat terjadi lagi
  • Obat antiaritmia: berfungsi untuk mengembalikan detak jantung normal dan diberikan jika manuver Vagal tidak berhasil meredakan detak jantung cepat.

Perawatan

Dokter akan memutuskan apa yang terbaik untuk anak setelah mendapatkan hasil tesnya.

Jika sang anak memiliki Takikardia Sinus, dokter akan membantu menentukan penyebabnya dan menyarankan hal-hal untuk menurunkan detak jantung seperti perubahan gaya hidup seperti mengurangi stres atau minum obat untuk menurunkan demam.

Jika memiliki Takikardia Supraventrikular, dokter akan menyarankan anak untuk mengurangi minuman yang mengandung kafein, tidur lebih banyak, dan jangan sampai menghirup asap rokok.

Untuk perawatan Takikardia Ventrikel adalah termasuk obat untuk mengatur ulang sinyal listrik jantung atau ablasi, prosedur yang menghancurkan jaringan jantung abnormal yang menyebabkan kondisi tersebut.

Dokter mungkin juga menggunakan defibrillator untuk mengganggu ritme jantung yang cepat.

Detak jantung yang cepat tidak selalu membutuhkan perawatan. Tapi terkadang itu bisa mengancam jiwa. Jadi jalani hidup dengan pola yang sehat dan makan teratur. 
Beritahu dokter segera jika anak Anda memiliki jenis detak jantung tidak teratur.


Anda bisa kunjungi Eka Hospital yang terdapat di BSD City, Cibubur, Bekasi dan Pekanbaru apabila si buah hati Anda mengalami gangguan pada jantung. Anda bisa buat janji melalui layanan WhatsApp Eka Hospital 0-8888-90-5555 atau lewat aplikasi kesehatan SehatQ. Caranya dengan download aplikasi SehatQ di Google Store atau Apple Store.

  • Aboutkidshealth. https://www.aboutkidshealth.ca/Article?contentid=894&language=English
    Diakses pada 9 September 2022
  • Kidshealth. https://kidshealth.org/en/parents/take-pulse.html
    Diakses pada 9 Oktober 2022
  • WebMD. https://www.webmd.com/heart-disease/atrial-fibrillation/what-are-the-types-of-tachycardia
    Diakses pada 9 Oktober 2022

Dokter Terkait

dr. Ivan Riyanto Widjaja, Sp.A (K) Neurologi Anak

Neurologi Anak

hospital EKA Hospital Bekasi

dr. Felix Candra Sutanto, Sp.A

Anak

hospital EKA Hospital Bekasi

dr. Melia Yunita, Sp.A.M.Sc

Anak

hospital EKA Hospital Cibubur

Informasi Terkait

Prof. DR. Dr. Sukman T. Putra, Sp.A (K), FACC, FESC (Konsultan Jantung Anak)

Penyebab Jantung Bocor pada Anak dan Cara Mengatasinya

Ketika Kawasaki Disease Mengintai Si Kecil

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

  • Aplikasi & Web SehatQ
    Buat janji melalui

    Aplikasi & Web SehatQ

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

logo