close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Buat Appointment
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

Obat GERD Yang Bisa Bantu Redakan Gejala Yang Muncul

Gastroesophageal reflux disease atau yang dikenal dengan GERD merupakan penyakit yang cukup membuat tubuh merasa tidak nyaman. Gejalanya bisa dirasakan dari perut, dada, hingga tenggorokan. Tidak heran banyak orang mencari obat GERD untuk meredakan atau menghilangkan gejala yang muncul.

Obat GERD

Gejala GERD yang muncul bisa bermacam-macam. Anda bisa mengalami gangguan pernapasan, batuk, sesan napas, sakit tenggorokan, bau mulut, mual, dan muntah. Gejala ini biasanya diikuti oleh rasa asam di mulut. Pada aktivitas tertentu, gejala yang muncul akan terasa lebih parah.

Cara Mengatasi GERD

Jauh sebelum mencari obat GERD, ada baiknya Anda melakukan langkah pencegahan. Gangguan GERD sebenarnya bisa muncul karena pola hidup yang buruk. Karena itu, memulai pola hidup sehat sudah bisa mengatasi gangguan GERD.

Berikut sejumlah langkah untuk mengatasi gangguan GERD supaya gejalanya tidak kambuh:

  • Menjaga berat badan
  • Mengurangi konsumsi makanan berlemak, pedas, cokelat, dan mint.
  • Mengurangi konsumsi produk susu, kopi, dan alkohol
  • Duduk sebentar setelah makan dan tidak langsung berbaring
  • Mengenakan pakaian yang tidak terlalu ketat
  • Menghilangkan kebiasaan merokok
  • Meninggikan kepala pada saat tidur

Pilihan Obat GERD yang Dijual Bebas

Ada sejumlah pilihan obat yang bisa didapatkan di apotek untuk meredakan gejala GERD. Namun, obat ini bukan untuk tujuan menyembuhkan. Berikut deretan obat GERD yang bisa didapatkan tanpa resep dokter:
1. Antasida
Antasida merupakan jenis obat yang bekerja untuk menetralkan asam lambung. Penggunaannya hanya saat kadar asam lambung meningkat dan gejala terasa di beberapa bagian tubuh. Antasida memiliki reaksi yang cepat hanya dalam beberapa menit setelah diminum.
Obat antasida bisa didapatkan dengan mudah tanpa resep. Anda bisa menemukan beberapa produk obat yang mengandung antasida di apotek bahkan warung.

Sejumlah jenis antasida mengandung bahan lain yang bisa membantu melindungi lapisan lambung. Hal ini akan menurunkan risiko munculnya efek samping. Biarpun begitu, tetap konsumsi antasida sesuai dosis yang disarankan.

2. H-2 receptor blockers
Penghambat reseptor H-2 merupakan jenis obat yang bisa mengurangi produksi asam lambung dan mencegah gejala GERD. Ada beragam jenis obat-obatan yang tergolong H-2 receptor blockers, di antaranya nizatidine, ranitidine, cimetidine, dan famotidine.
Berbeda dengan antasida, H-2 receptor blockers ini punya reaksi yang lebih lama. Obat ini baru bisa bekerja sekitar 12 jam setelah dikonsumsi. Namun, jenis obat ini memberikan efek yang lebih panjang terhadap reaksi produksi asam lambung.Dokter biasanya menyarankan mengonsumsi H-2 receptor blockers ini bersamaan dengan antasida jika gejalanya cukup parah. Antasida akan membantu mengurangi gejalanya, sedangkan jenis obat ini akan menetralkan asam lambung dan mengurangi produksinya.

3. Proton Pump Inhibitors (PPI)
Ada lagi pilihan obat yang bisa bantu untuk meredakan gejala GERD. Proton Pump Inhibitors bisa dimanfaatkan untuk menghambat produksi asam lambung yang berlebihan. Selain itu, PPI pun bisa dipakai untuk meredakan kerongkongan yang sakit akibat GERD.
Obat PPI pun lebih kuat dibandingkan H-2 receptor blockers. Jadi, bisa memberikan waktu untuk jaringan kerongkongan yang rusak untuk pulih terlebih dulu. Beberapa jenis PPI adalah lansoprazole dan omeprazole.

Obat GERD dengan Resep Dokter

Ada baiknya Anda tetap melakukan konsultasi dengan dokter. Terlebih lagi jika gejala yang muncul sudah sangat mengganggu. Dokter pun akan memberikan resep obat GERD sesuai dengan kondisi yang dirasakan. Berikut sejenis obat yang bisa ditebus dengan resep dokter:
1. H-2 receptor blockers
Serupa dengan obat GERD yang dijual bebas. Namun, dosis yang diberikan oleh dokter akan lebih tinggi. Selain itu, konsumsi dari obat ini pun harus benar-benar diawasi oleh dokter. Pasalnya, H-2 receptor blockers dengan dosis yang besar bisa menurunkan risiko kekurangan vitamin B12 dalam tubuh.

2. Proton Pump Inhibitors (PPI)
Dokter juga bisa meresepkan obat jenis PPI dengan dosis yang lebih tinggi. Untuk konsumsinya, obat PPI pun harus dikonsumsi dengan aturan yang tepat. Karena dosisnya tinggi, Anda pun harus memperhatikan efek samping yang mungkin muncul.

3. Prokinetik
Obat prokinetik akan membantu mempercepat kerongkongan untuk lebih kosong. Untuk menebusnya di apotek, Anda perlu berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter. Dokter akan memberikan dosis yang sesuai dengan gejala GERD yang muncul. Obat ini pun juga bisa memunculkan efek lain saat bercampur dengan obat lain.

4. Penguat Sfingter kardia
Jenis obat GERD ini akan membantu mengencangkan otot sfingter lambung untuk membatasi kerongkongan dan lambung. Obat ini akan menghambat asam lambung untuk naik secara tiba-tiba ke kerongkongan. Namun, obat ini memiliki efek samping yang bisa menyebabkan mual. Karena itu, penggunaannya harus tetap sesuai dengan anjuran dokter.

5. Antibiotik
Dokter juga bisa meresepkan antibiotik untuk menekan infeksi bakteri penyebab gangguan fungsi lambung. Obat jenis antibiotik ini pun akan dibuat sesuai dengan kebutuhan. Anda hanya perlu mengonsumsi obat ini dalam waktu tertentu untuk bisa membunuh bakteri dalam lambung.
Untuk mendapatkan obat-obatan pereda gejala GERD ini, Anda perlu berkonsultasi dulu dengan dokter. Temukan tenaga dokter terbaik untuk mengatasi masalah lambung di Eka Hospital. Anda bisa melakukan booking dokter secara online melalui aplikasi SehatQ. Download aplikasinya sekarang untuk dapatkan kemudahan untuk konsultasi dan booking dokter, sekaligus membeli obat secara online.

Dokter Terkait

dr. Vidya Sari, Sp.PD

Penyakit Dalam

hospital EKA Hospital Cibubur

Informasi Terkait

Dr. Hady, Sp.PD

Dr. Diah Ari Safitri, Sp.PD- KHOM, FINASIM

Dr. Yulian Widjaja, Sp.PD

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

  • Aplikasi & Web SehatQ
    Buat janji melalui

    Aplikasi & Web SehatQ

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

logo