close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Buat Appointment
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

Fungsi Dan Prosedur Melakukan Endoskopi Lambung

Endoskopi lambung merupakan prosedur yang dilakukan untuk melihat kondisi lambung secara jelas dan nyata. Dokter akan memasukkan sebuah alat dengan kamera bernama endoskop ke dalam bagian lambung melalui mulut pasien. Prosedur ini biasanya disarankan untuk pasien yang memiliki gangguan lambung yang berulang dan cukup parah.

endoskopi lambung

Bukan hanya memberikan gambaran yang akurat, prosedur endoskopi juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai gejala yang muncul. Untuk menjalankan prosedur ini, pasien perlu melakukan berbagai rangkaian pemeriksaan.

Prosedur endoskopi lambung mampu memberikan hasil yang lebih akurat dibandingkan dengan sinar-X. Terlebih untuk mendeteksi adanya pertumbuhan yang tidak normal di bagian lambung. Cek semua hal terkait dengan endoskopi lambung di bawah ini.

Alasan Perlu Melakukan Endoskopi Lambung

Dokter akan menyarankan melakukan prosedur endoskopi lambung jika dirasakan perlu melakukan sejumlah pengecekan tambahan. Gejala sakit yang disarankan untuk endoskopi lambung adalah:

  • Sakit perut
  • Kesulitan menelan
  • Pendarahan pada pencernaan
  • Konstipasi kronis
  • Adanya jaringan abnormal
  • BAB berdarah
  • Nyeri pada ulu hati

Tujuan Prosedur Endoskopi Lambung

Endoskopi lambung akan dilakukan dalam kurun waktu 20—30 menit. Selama prosedur ini berlangsung, pasien tetap bisa bernapas. Biarpun aman, endoskopi juga bisa memunculkan infeksi atau pendarahan kecil akibat gesekan. 

endoskopi lambung

Dokter melakukan endoskopi lambung untuk melihat keadaan dan mendeteksi adanya kelainan pada lambung. Dengan kamera, dokter bisa melihat adanya luka, peradangan, infeksi, hingga kanker yang tumbuh pada lambung.
Jika memang dideteksi adanya kanker, endoskop juga bisa digunakan untuk mengambil jaringannya untuk diperiksa. Selain itu, endoskopi juga bisa dipakai untuk menghentikan pendarahan yang terjadi di bagian dalam organ.

Persiapan Endoskopi Lambung

Anda perlu melakukan sejumlah persiapan sebelum melakukan endoskopi. Berikut beberapa langkah yang wajib dilakukan:

1. Pemeriksaan kesehatan
Langkah awal yang tidak boleh dilewatkan adalah pemeriksaan kesehatan. Dokter perlu tahu riwayat kesehatan dari pasien yang akan menjalani prosedur endoskopi.
2. Melakukan puasa
Anda tidak diperbolehkan makan dan minum selama 6—8 jam sebelum menjalani prosedur endoskopi. Dengan begitu, lambung dalam keadaan kosong sehingga dokter bisa melihat keadaan di dalamnya.
3. Pemberian obat penenang
Sesaat sebelum prosedur dilakukan, Anda akan diberikan obat penenang. Obat yang diberikan bisa dalam bentuk suntik atau semprotan melalui mulut. Hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa sakit saat endoskopi lambung dilakukan.

endoskopi lambung

Penanganan Setelah Endoskopi Lambung

Endoskopi lambung mungkin akan membuat iritasi pada bagian tenggorokan. Hal ini mungkin akan membuat Anda serak atau batuk dalam beberapa hari. Selain itu, Anda pun akan kesulitan menelan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi makanan yang lunak dan mudah ditelan. Bisa juga mengonsumsi air yang dingin untuk meredakan rasa sakit yang muncul di tenggorokan. Setelah kondisi membaik, Anda sudah diperkenankan untuk melakukan aktivitas seperti sedia kala.

Pusat Sistem Pencernaan & Endoskopi DIVINE Eka Hospital

DIVINE

Anda bisa melakukan prosedur endoskopi lambung di pusat layanan DIVINE Eka Hospital. Pusat layanan DIVINE melayani berbagai gangguan pencernaan, seperti radang lambung, GERD, radang usus, hingga batu saluran empedu. Selain itu, pusat layanan ini juga melayani pengangkatan tumor kecil tanpa operasi.

Berikut dokter spesialis yang bisa dijumpai di DIVINE Eka Hospital:

  1. Prof.DR.dr.H.Murdani Abdullah, FACG, Sp.PD, KGEH
  2. dr. Gerie Amarendra, Sp.PD, KGEH
  3. dr. Seson, Sp.PD, FINASIM
  4. dr. Dedy Gunawanjati Sudrajat, Sp.PD-KGEH, FINASIM
  5. dr. Virly Nanda Muzellina, Sp.PD-KGEH
  6. dr. Maulana Suryamin, Sp.PD – KGEH 
  7. Dr. dr. Nella Suhuyanly, Sp. PD-KGEH
  8. Prof. dr. H. Abdul Aziz Rani, Sp. PD-KGEH

Anda bisa berkonsultasi dan melakukan booking dokter secara online melalui aplikasi SehatQ. Download aplikasinya sekarang untuk dapatkan kemudahan untuk konsultasi dan booking dokter, sekaligus membeli obat secara online.

  • Mayo Clinic https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/endoscopy/about/pac-20395197#:~:text=An%20endoscopy%20procedure%20involves%20inserting,intestine%2C%20also%20called%20the%20duodenum.
    Diakses pada 3 November 2022
  • Cleveland Clinic https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/4957-upper-endoscopy-procedure
    Diakses pada 3 November 2022
  • Web MD https://www.webmd.com/digestive-disorders/digestive-diseases-endoscopy
    Diakses pada 3 November 2022

Informasi Terkait

Apa Itu Prosedur Percutaneous Endoscopic Gastrostomy (PEG) Atau Gastrostomi Endoskopi Perkutan?

Mengenal Kapsul Endoskopi: Manfaat, Efek Samping dan Prosedur

Perpaduan Endoskopi dan Ultrasonografi Guna Permudah Diagnosis Penyakit Dalam

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

  • Aplikasi & Web SehatQ
    Buat janji melalui

    Aplikasi & Web SehatQ

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

logo