close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Layanan Emergency
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Artikel Kesehatan

Perut Sebelah Kiri Sakit: Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobatinya

Sakit perut sering terjadi pada siapa saja, namun lokasi sakitnya ternyata dapat menggambarkan kondisi penyakit tertentu. Berbagai penyakit bisa menjadi penyebabnya.

Perut sebelah kiri adalah tempat berkumpulnya organ-organ penting, antara lain pada perut sebelah kiri atas atau left upper quadrant terdapat limpa, pankreas, ginjal kiri, bagian atas usus besar (kolon), bagian kiri hati dan kelenjar adrenal. Sedangkan perut sebelah kiri bawah (left lower quadrant) terdiri dari bagian akhir usus besar, ureter ovarium kiri (pada wanita), dan spermatic cord/saluran sperma (pada pria).

perut sebelah kiri sakit

Kebanyakan kasus perut sebelah kiri sakit tidak berbahaya karena disebabkan masalah ringan seperti perut kembung, apalagi ketika tidak disertai dengan gejala lain. Walaupun demikian, ada kemungkinan perut sebelah kiri sakit berhubungan dengan organ-organ penting di bagian perut sebelah kiri baik atas maupun bawah.

Penyebab perut sebelah kiri sakit

Sakit perut di sebelah kiri merupakan salah satu masalah umum yang kerap dialami oleh semua orang. Masalah kesehatan ini dapat mengganggu keseharian serta menghambat produktivitas Anda dalam menjalankan aktivitas.

Ada beberapa kemungkinan yang menandakan jika perut sebelah kiri sakit merupakan gejala dari sebuah penyakit tertentu. Berikut adalah macam-macam penyakit yang patut Anda waspadai ketika mengalami sakit perut sebelah kiri serta bagaimana Anda bisa mengatasinya bersama kami:

1. Penumpukan gas
Kondisi gas yang terjebak dalam usus akan menyebabkan sakit perut. Seperti diketahui dalam proses pencernaan menghasilkan gas. Jika gas bergerak terlalu lambat atau tidak bergerak artinya akan terjebak di dalam usus. Akibatnya Anda mengalami gangguan seperti perut melilit, perut begah dan kentut berlebihan.

Penumpukan gas biasanya bisa Anda tangani sendiri dari rumah. Namun apabila gejala yang dirasa tak kunjung hilang juga maka Anda dapat mengunjungi DIVINE, pusat saluran pencernaan dan endoskopi di Eka Hospital Group.

2. Gastritis
Gastritis atau radang lambung terjadi karena produksi asam lambung berlebih, infeksi bakteri H. pylori dan konsumsi obat NSAID. Akibatnya muncul gejala sakit perut sebelah kiri atas, mual dan perut terasa penuh.

Timbulnya penyakit ini diketahui juga bisa dipengaruhi oleh tingkat stres seseorang, dimana saat stres produksi asam lambung juga ikut meningkat. Anda dapat mengunjungi Eka Hospital untuk segera mendapatkan penanganan dari tim dokter Spesialis Gastroentero Hepatologi.

3. Hernia
Hernia adalah kondisi ketika usus atau jaringan lunak lain menembus dinding otot perut yang lemah dan menyebabkan benjolan tak biasa disekitar tubuh, seperti pada perut. Tonjolan yang terbentuk bisa menyebabkan nyeri pada perut sebelah kiri, terutama saat batuk, membungkuk, atau mengangkat benda berat.

Hernia bisa berpotensi menjadi masalah serius jika tidak segera ditangani, oleh karena itu segera temui dokter spesialis penyakit dalam jika sudah merasakan gejalanya. Hernia bisa Anda tangani dengan menggunakan teknologi endoskopi, dimana metode tersebut sudah tersedia di Eka Hospital. Beberapa metode endoskopi yang terbuka yaitu EUS, ERCP, EMR, ESD, dan masih banyak lagi.

4. Divertikulitis
Divertikulitis merupakan kondisi ketika kantong-kantong kecil yang kadang terbentuk di sepanjang usus mengalami peradangan. Penyakit ini juga disebut-sebut sebagai penyebab paling umum sakit perut sebelah kiri bawah dan dapat menyebabkan gejala seperti demam dan buang air besar berdarah. 

Kondisinya ini dapat ditangani menggunakan Endoscopic Ultrasound (EUS). Metode EUS merupakan sebuah pemeriksaan yang menggabungkan teknologi endoskopi dan ultrasonografi untuk mengevaluasi tubuh bagian dalam. Anda bisa melakukan metode EUS yang minim invasive.

5. Sindrom iritasi usus besar (IBS)
Sindrom iritasi usus besar (IBS) adalah gangguan pencernaan kronik yang menyerang usus besar yang ditandai dengan gejala utama seperti sakit perut, kembung, meningkatnya frekuensi buang gas, dan terkadang menyebabkan sembelit hingga diare. IBS dapat mengganggu keseharian Anda dan dapat menyebabkan penyakit lainnya seperti wasir jika tidak ditangani dengan segera. 

Anda bisa bertemu langsung dengan Prof. Dr. dr. H. Murdani Abdullah, FACG, Sp.PD, KGEH, selaku chairman dari DIVINE Eka Hospital untuk mendapatkan konsultasi terkait masalah pada sistem pencernaan Anda, dimana salah satunya yaitu usus besar. Beliau merupakan ahli pencernaan dan endoskopi.

6.  Pankreatitis akut
Pankreatitis akut terjadi ketika pankreas mengalami peradangan secara mendadak. Akibatnya muncul gejala sakit perut sebelah kiri atas yang kemudian dapat menjalar hingga punggung. Jika tidak diobati secepatnya, pankreatitis dapat membahayakan organ vital lainnya seperti jantung, paru-paru, dan ginjal.

Namun tidak perlu khawatir, karena pankreatitis akut kini bisa diatasi dengan metode Endoscopic Retrograde Cholangiopancreatography (ERCP), yang merupakan prosedur untuk mengatasi gangguan di pankreas, saluran empedu, dan kandung empedu. Anda bisa mengunjungi DIVINE dari Eka Hospital untuk mendapatkan penanganan ERCP yang dilengkapi dengan dokter spesialis yang berpengalaman dalam menggunakan teknologi tersebut.

7. Penyakit ginjal
Sakit perut yang terjadi di bagian kiri atau kanan juga bisa menandakan penyakit ginjal. Penyakit ginjal biasanya akan menyebabkan penderitanya untuk merasakan rasa sakit yang menyengat di area sekitar perut. Selain sakit perut, penderita juga dapat merasakan gejala seperti demam, mual, nyeri pada pangkal paha. 

Jika sakit perut telah disertai dengan sering buang air kecil hingga  kencing darah (dapat berwarna merah, merah muda, atau coklat) ataupun didapatkan darah samar (mikrohematuria), segera periksakan diri Anda ke dokter penyakit spesialis dalam di Eka Hospital untuk penanganan lebih lanjut. 

8. Angina
Angina adalah nyeri dada yang muncul karena berkurangnya asupan darah yang mengalir ke otot jantung. Kondisi ini menimbulkan nyeri pada perut kiri atas, sensasi dada seperti diremas, tidak nyaman pada leher dan rahang, serta nyeri dada yang menusuk. Penyakit ini biasanya tidak mengancam nyawa, namun bisa menandakan gejala awal dari penyakit kardiovaskular serius. 

Jika khawatir akan risikonya, Anda bisa mengunjungi MYcardia, pusat pelayanan jantung & pembuluh darah Eka Hospital untuk mendapatkan penanganan langsung dari  dokter spesialis jantung dan pembuluh darah berpengalaman. Dipimpin oleh Dr. dr. Muhammad Yamin, Sp.JP (K), Sp.PD, FACC, FSCAI, MYcardia telah dilengkapi dengan teknologi terkini dalam mengatasi permasalahan pada jantung, mulai dari alat pacu jantung hingga ablasi beku (Cryoablation) yang merupakan terobosan baru di dunia kedokteran terutama di Indonesia.

9. Kolitis ulseratif
Kolitis ulseratif merupakan penyakit yang menyebabkan terjadinya peradangan kronis pada usus besar. Gejalanya selain sakit perut sebelah kiri yakni penurunan berat badan, demam, serta diare yang mungkin disertai keluarnya feses berdarah. Jika tidak ditangani segera, penyakit ini dapat menyebabkan masalah kesehatan serius lainnya seperti penyumbatan pembuluh darah dan pembengkakan usus besar. 

Namun tak perlu khawatir, karena kolitis ulseratif juga termasuk salah satu penyakit yang bisa ditangani dengan penggunaan kapsul endoskopi, maka dari itu Anda bisa segera mengunjungi Eka Hospital untuk segera mendapatkan penanganan dengan endoskopi dari serangkaian dokter spesialis kami.

10. Penyakit refluks asam lambung (GERD)
GERD merupakan penyakit lambung dimana asam lambung mengalami kenaikan hingga ke saluran kerongkongan dan dapat terjadi lebih dari dua kali dalam seminggu. Gejala utamanya adalah sakit perut, panas atau nyeri dada (heartburn), dan rasa mengganjal pada tenggorokan.

Penyakit ini juga dapat dipicu karena tingkat stres, menyebabkan penyakit ini cukup umum untuk ditemukan dalam masyarakat. Anda bisa mengunjungi konsultan spesialis gastroentero hepatologi di Eka Hospital untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

11. Kista ovarium
Kista ovarium adalah kantong berisi cairan yang terbentuk pada permukaan atau di dalam ovarium. Jika tidak segera ditangani, kista dapat menyebabkan masalah reproduksi yang serius dan dapat berpotensi berubah menjadi kanker. 

Jika Anda merasa memiliki kista, Anda bisa membuat janji dengan dr. Muhammad Yusuf Sp.OG (K) Onk, salah satu dokter di Eka Hospital yang dapat menangani permasalahan kista. Sebagai dokter kandungan subspesialis onkologi, beliau dapat memberikan Anda konsultasi, mendiagnosis penyakit, hingga menentukan langkah penanganan dan tindakan pencegahan sesuai kondisi yang Anda alami.

12. Kehamilan ektopik
Kehamilan ektopik adalah kondisi ketika embrio tumbuh di luar rahim. Ini salah satunya menimbulkan sakit perut mendadak pada bagian kiri. Selain nyeri di perut, ibu hamil mengalami nyeri di punggung, perdarahan vagina, serta nyeri payudara.

Segera periksakan diri Anda jika merasa Anda telah mengalami kehamilan ektopik. Anda bisa mengunjungi pusat kebidanan & kandungan Eka Hospital yaitu Women Health Center. Pusat tersebut dapat mengatasi masalah pada sistem reproduksi wanita seperti kehamilan risiko tinggi persalinan, pengelolaan komplikasi kebidanan, hingga tindakan yang melibatkan pembedahan. 

Gejala Perut Sebelah Kiri Sakit

Kebanyakan kasus sakit perut sebelah kiri dikarenakan hal ringan seperti perut kembung. Namun Anda perlu khawatir jika perut sebelah kiri sakit disertai dengan beberapa gejala di bawah ini:

  • Pembengkakan perut
  • Perut terasa keras
  • Buang air besar berdarah
  • Perubahan warna kulit menjadi kekuningan
  • Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas
  • Demam
  • Mual dan muntah terus-menerus.

Segera konsultasi dengan dokter jika perut sebelah kiri sakit sudah berlangsung berhari-hari dan tidak membaik. Jika perut sebelah kiri sakit karena cedera kecelakaan juga perlu langsung ditangani dokter agar tindakan yang diberikan sesuai.

Cara mengobati perut sebelah kiri sakit

Ada beberapa tindakan mandiri di rumah saat perut sebelah kiri sakit mendadak. Antara lain:

  • Perut dikompres dengan air hangat
  • Minum air putih yang banyak
  • Beristirahat cukup hingga nyeri berkurang
  • Mengurangi konsumsi kafein seperti kopi, teh dan minuman lain yang memperparah sakitnya termasuk alkohol.

Setelah cara pengobatan di atas sudah dilakukan namun perut sebelah kiri sakitnya masih bertahan dan sudah berlangsung berhari-hari, ditambah lagi muncul gejala lain seperti dijelaskan di atas. Anda harus memeriksakannya ke dokter.

Pengobatan perut sebelah kiri sakit ini sesuai dengan penyakit penyebabnya. Misalnya sakit itu karena gastritis,atau GERD, maka dokter akan memberikan obat-obatan yang berkaitan dengan asam lambung dan peradangan, serta Antibiotik bila terbukti gastritis disebabkan oleh H. pylori. Namun jika penyakit penyebabnya ternyata hernia atau usus buntu, dokter akan melakukan tindakan operasi.


Rayakan semarak Imlek bersama Eka Hospital! Dapatkan promo MCU spesial Imlek yang berlangsung hingga 31 Maret 2024. 

Makin bertambah usiamu makin besar potongan harganya. Yuk, lakukan pemeriksaan secara rutin agar perayaan Imlek kali ini kita selalu di kelilingi oleh orang-orang tersayang dalam keadaan sehat. Pesan sekarang juga di 1500-129.
Gong Xi Fa Cai🙌🏻

  • Healthline https://www.healthline.com/health/pain-in-lower-left-abdomen
    Diakses pada 30 Agustus 2022
  • Medical News Today https://www.medicalnewstoday.com/articles/320069
    Diakses pada 30 Agustus 2022
  • Healthgrades. https://www.healthgrades.com/right-care/symptoms-and-conditions/left-lower-quadrant-pain
    Diakses pada 30 Agustus 2022
  • Patient https://patient.info/signs-symptoms/left-lower-quadrant-pai
    Diakses pada 30 Agustus 2022
  • Patient https://patient.info/signs-symptoms/left-upper-quadrant-pain-leaflet
    Diakses pada 30 Agustus 2022
close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

logo