close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Buat Appointment
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Artikel Kesehatan

10 Cara Mengatasi Sakit Gigi Yang Terbukti Redakan Nyeri Dengan Cepat

Sakit gigi dapat disebabkan oleh berbagai alasan seperti kerusakan gigi, gigi patah, gusi iritasi, gerakan berulang seperti mengunyah, cabut gigi hingga gigi abses. Paling umum dan yang sering terjadi adalah sakit gigi karena adanya iritasi saraf di akar gigi.

Pengobatan ke dokter harus Anda lakukan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Namun sebelum ke dokter Anda bisa mencoba berbagai pengobatan mandiri di rumah untuk meredakan rasa sakitnya sebelum pergi ke dokter.

Banyak pengobatan dengan bahan alami untuk mengatasi sakit gigi yang berfungsi menenangkan peradangan di mulut, membunuh bakteri berbahaya dan bertindak sebagai obat mati rasa.

Namun perlu diperhatikan pengobatan dengan bahan-bahan sederhana dan alami ini tidak bisa diterapkan pada semua jenis sakit gigi. Misalnya kerusakan pada gigi tetap harus langsung ditangani dokter karena bisa menjalar ke saraf yang menciptakan kepekaan terhadap panas dan dingin. Jika dibiarkan dapat berubah menjadi sakit gigi yang parah dan berdenyut. 

cara mengatasi sakit gigi

Penting juga untuk kondisi ibu hamil, ibu menyusui dan memiliki kondisi medis tertentu sebaiknya konsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum menggunakan perawatan alami dengan bahan-bahan herbal.

Pengobatan Rumahan Cara Mengatasi Sakit Gigi

Pengobatan sederhana dari bahan-bahan yang tersedia di rumah dapat membantu meredakan rasa nyeri dan ketidaknyamanan sebelum pergi ke dokter. Beberapa membuktikan kalau cara ini ampuh untuk sakit gigi ringan yang bukan disebabkan kondisi parah.

Kira-kira apa saja bahan-bahan alami yang bisa mengatasi sakit gigi dengan cepat dan terbukti meredakan rasa nyerinya? Berikut ini ulasannya!

1. Es
Menempelkan es batu ke area gigi yang sakit dapat membantu menghilangkan rasa sakit. Anda bisa menggunakan cara dengan membungkus es batu dengan handuk dan kompres oleskan ke area yang sakit. Kompres selama 15 menit setiap kali melakukannya. Anda juga bisa dengan  berkumur air es dalam beberapa detik. Perlu diperhatikan jangan menggigit esnya karena bisa merusak gigi.

2. Air garam
Air garam mengandung desinfektan alami sehingga dapat mengatasi infeksi dan mengurangi peradangan. Caranya dengan mencampur air hangat dengan satu sendok teh garam lalu digunakan untuk berkumur. Selain zat yang dikandung garam bisa menyembuhkan, air garam untuk berkumur juga bisa mengeluarkan sisa-sisa makanan yang tersangkutnyangkut di gigi.

3. Hidrogen peroksida
Anda bisa menggunakan larutan campuran air dengan hidrogen peroksida menggunakan perbandingan 2:1 untuk mengatasi rasa sakit gigi. Hidrogen peroksida sendiri berguna sebagai zat yang meredakan peradangan dan membunuh bakteri. Tapi jangan sampai tertelan, cukup gunakan untuk berkumur.

4. Kantong teh celup
Meski bekas namun ternyata kantong teh celup bisa digunakan untuk obat. Anda bisa menempelkan teh celup bekas ke bagian gigi yang sakit. Akan sangat baik kalau teh celup itu adalah teh peppermint karena  memiliki zat yang bisa melawan bakteri. Hanya saja karena teh bisa menodai gigi, jangan memakainya terlalu sering.

5. Cengkeh
Cengkeh mengandung zat yang bisa menghilangkan rasa sakit gigi. Cengkeh yang bersifat antiseptik berguna mengurangi peradangan. Untuk obat bisa menggunakan minyak cengkeh. Caranya dengan mengoleskannya ke bagian gigi yang sakit atau teteskan pada kapas lalu tekan-tekan ke gigi yang sakit.

6. Ekstrak vanila
Vanila memiliki sifat anti inflamasi alami yang bisa menghilangkan rasa sakit. Anda bisa menggunakan vanila langsung atau pakai kapas untuk dioleskan ke area gigi yang sakit.

7. Minyak thyme
Minyak thyme bisa digunakan sebagai obat kumur atau dioleskan ke bagian gigi yang sakit. Caranya teteskan minyak thyme ke segelas air dan gunakan untuk berkumur. Sementara itu untuk mengoleskan langsung ke gigi bisa dengan mengencerkan minyak thyme dengan air, gunakan kapas untuk mengoleskannya ke gigi.

8. Daun biji jambu
Daun biji bambu juga bisa digunakan menjadi obat sakit gigi karena memiliki sifat anti inflamasi dan anti mikroba yang bisa menenangkan. Daun biji jambu bisa digunakan dengan cara membuat teh untuk berkumur. Atau Anda juga bisa mengunyahnya langsung.

9. Rumput gandum
Rumput gandum sangat bagus untuk mengatasi infeksi yang disebabkan bakteri. Gunakan sebagai jus rumput gandum untuk berkumur setiap harinya.

10. Bawang putih
Bumbu dapur yang gampang didapatkan dan pasti ada di rumah ini bisa melawan bakteri dan pereda nyeri yang baik. Anda bisa mengoleskan bawang putih tumbuk ke bagian gigi yang sakit atau bahkan mengunyahnya langsung. Cara lain juga bisa menggunakan minyak bawang putih yang diteteskan ke kapas baru dioleskan di gigi yang sakit.

Meski pengobatan ini bisa meredakan sakit gigi dengan cepat namun Anda tidak boleh menganggap ini sebagai pengganti pengobatan dokter. 

Kapan Harus ke Dokter Gigi?

Jika sakit gigi Anda parah ini bisa jadi merupakan akibat dari kondisi medis yang lebih serius, Anda harus menemui dokter gigi agar dapat mengobatinya dengan benar. Banyak sakit gigi membutuhkan perhatian medis. Pereda nyeri yang dijual bebas seperti ibuprofen atau obat-obat alami di atas dapat membantu sampai Anda menemui dokter gigi.

Anda harus mengunjungi dokter gigi jika mengalami gejala berikut ini yang menyertai sakit gigi:

  • Demam
  • Kesulitan bernapas atau menelan
  • Rasa sakit lebih dari dua hari
  • Pembengkakan
  • Sakit saat menggigitdigigit
  • Gusi merah tidak normal
  • Ada nanah atau cairan berbau busuk.

  • Healthline. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/home-remedies-for-toothache
    Diakses pada 6 September 2022
  • WebMD. https://www.webmd.com/oral-health/home-remedies-toothache
    Diakses pada 6 September 2022
  • Interdent. https://www.interdent.com/gentle-dental/resources/stop-toothaches/
    Diakses pada 6 September 2022
  • St Pete Dentist. https://www.stpetedentist.com/blog/home-remedies-for-toothaches-that-actually-work/
    Diakses pada 6 September 2022

Artikel Terkait

Mengenal Sakit Gigi dan Obat Sakit Gigi yang Ampuh

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

  • Aplikasi & Web SehatQ
    Buat janji melalui

    Aplikasi & Web SehatQ

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

logo