close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Buat Appointment
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

Dr. Ika Komar Dhanudibroto, Sp.JP (K)

dr. Ika Komar Dhanudibroto, Sp.JP (K)

Profil dr. Ika Komar Dhanudibroto, Sp.JP (K)

dr. Ika Komar Dhanudibroto, Sp.JP (K) merupakan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Konsultan Intervensi Jantung di Eka Hospital Bekasi.

Latar belakang pendidikan

dr. Ika Komar Dhanudibroto, Sp.JP (K) mendapatkan keahlian sebagai dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di Universitas Indonesia. Kini beliau juga tergabung sebagai anggota dari Asosiasi Spesialis Kardiovaskular Indonesia. Berikut ini daftar lengkap riwayat pendidikan medisnya:

  • Dokter Umum – Universitas Atma Jaya
  • Dokter spesialis jantung dan pembuluh (Sp.JP) – Universitas Indonesia
  • Fellowship of Interventional Cardiology – National University Hospital, Singapore

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah memiliki kompetensi dalam mendiagnosis dan menangani masalah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah atau kardiovaskular. Ditambah keahliannya sebagai konsultan intervensi jantung, dr. Ika berkompetensi melakukan kateterisasi jantung atau pemasangan ring jantung di pembuluh darah jantung, memasang alat pacu jantung (pacemaker) dan pemasangan stent pada penyakit jantung koroner.

Tindakan medis intervensi jantung merupakan prosedur memasukkan selang plastik atau kateter ke dalam jantung melalui pembuluh darah dengan dua tujuan, yakni diagnostik atau mengetahui jenis penyakit dan terapeutik atau mengobati penyakit dan kelainan pada jantung.

Kondisi yang ditangani

Ada beberapa penyakit jantung dan pembuluh darah yang biasa ditangani dr. Ika Komar Dhanudibroto, Sp.JP (K), berikut ini daftarnya:

1. Penyakit jantung koroner
Penyakit jantung koroner adalah penyakit jantung yang terjadi ketika pembuluh arteri menyempit karena penumpukan kolesterol dan zat lain yang membentuk plak di dalam pembuluh arteri untuk jangka waktu lama. Kondisi ini membuat aliran darah menuju jantung terhambat.

2. Serangan jantung
Serangan jantung adalah gangguan jantung serius ketika otot jantung tidak mendapat aliran darah sehingga fungsi jantung dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh terganggu.

3. Henti jantung
Henti jantung atau cardiac arrest adalah kondisi ketika jantung berhenti berdetak secara tiba-tiba.

4. Gagal Jantung
Gagal jantung (heart failure) merupakan kondisi yang terjadi karena jantung tidak dapat memompa darah dengan baik ke seluruh tubuh. Tanpa adanya aliran darah yang cukup, semua fungsi dari organ tubuh akan terganggu. 

5. Aritmia (gangguan irama jantung)
Aritmia adalah gangguan pada impuls listrik yang bertugas mengatur detak jantung. Gangguan ini menyebabkan jantung mengalami detak terlalu cepat, terlalu lambat atau bisa dibilang tak teratur. Kondisi ritme yang normal dan stabil jantung berdetak sekitar 60-100 kali per menit. Artinya setiap hari jantung bisa berdetak sebanyak 100 ribu kali. Sedangkan pada penderita aritmia, ritme detak jantungnya abnormal dan tak teratur.

6. Kebocoran katup jantung
Kebocoran katup jantung atau regurgitasi/insufisiensi terjadi ketika katup tidak dapat menutup dengan sempurna, sehingga darah mengalir balik atau darah kembali masuk ke bilik jantung sebelumnya.

7. Penyakit jantung bawaan
Penyakit jantung bawaan adalah kelainan pada struktur dan fungsi jantung yang sudah ada sejak lahir yang dapat mengganggu aliran darah dari dan ke jantung, sehingga bisa berakibat fatal. 

8. Radang selaput jantung (perikarditis)
Radang selaput jantung atau perikarditis adalah peradangan yang terjadi pada selaput pembungkus jantung (perikardium).

9. Tumor jantung
Terjadi adanya pertumbuhan abnormal pada bagian jantung maupun katup jantung.

10. Penyakit pembuluh darah
Salah satu penyakit pembuluh darah seperti varises. Varises adalah terjadinya pelebaran atau pembengkakan pembuluh darah vena sehingga terjadiakibat penumpukan darah di dalam pembuluh tersebut.

Tindakan yang dapat dilakukan

Sebagai dokter spesialis jantung dan pembuluh darah konsultan intervensi jantung, dr. Ika Komar Dhanudibroto, Sp.JP (K) melakukan tindakan medis sebagai berikut:

1. Kateterisasi jantung
Kateterisasi jantung adalah prosedur yang dilakukan dengan cara memasukkan selang panjang atau kateter ke dalam pembuluh darah yang diarahkan ke jantung.

2. Pemasangan alat pacu jantung atau pacemaker
Pengobatan yang menggunakan alat pacu jantung yang diletakkan di bawah kulit untuk membantu menjaga detak jantung untuk tetap normal.

3. Pasang ring jantung atau stent
Prosedur yang bertujuan untuk melebarkan pembuluh darah koroner yang telah menyempit ataupun tersumbat pada bagian jantung. Pemasangan stent dengan membuka pembuluh darah arteri koroner yang tersumbat dan menjaganya tetap terbuka dengan memasang stent, yang terbuat dari jalinan logam kecil berbentuk tabung dan digunakan sebagai penyangga sehingga meningkatkan aliran darah ke otot jantung.

Tak hanya itu saja, dr. Ika juga melakukan layanan dan tindakan medis berikut ini dalam mendiagnosis dan pengobatan penyakit jantung dan pembuluh darah.

  • Pemeriksaan dan konsultasi jantung
  • Ekokardiografi
  • Stress Test
  • Ambulatory Blood Pressure Monitoring (ABPM)
  • Angiografi Koroner
  • Cath Lab
  • Elektrofisiologi Jantung
  • Elektrokardiogram (EKG)
  • Kardioversi
  • USG Doppler
  • Percutaneous Coronary Intervention (PCI)

Untuk prakteknya, dr. Ika Komar Dhanudibroto, Sp.JP (K) berada di Eka Hospital Bekasi. Jadi jika Anda membutuhkan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah konsultan intervensi jantung, bisa buat janji dengan dr. Ika melalui layanan WhatsApp Eka Hospital 0-8888-90-5555.

Dokter Terkait

dr. Haryadi, Sp.JP (K) FIHA

Kardiologi Intervensi

hospital EKA Hospital Pekanbaru

dr. Markz Roland Mulia Pargomgom Sinurat, Sp.JP, FIHA

Jantung & Pembuluh Darah

hospital EKA Hospital Cibubur

dr. Ika Komar Dhanudibroto, Sp.JP (K)

Kardiologi Intervensi

hospital EKA Hospital Bekasi

Informasi Terkait

Dr. Simon Salim, Sp.PD - KKV, Mkes, AIFO, FINASIM, FACP, FICA

Dr. Haryadi, Sp.JP (K), FIHA

Mengatasi Aritmia, Penyakit Gangguan Irama Jantung pada Kehamilan

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

  • Aplikasi & Web SehatQ
    Buat janji melalui

    Aplikasi & Web SehatQ

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

logo